Mahfud Disebut Akan Angkat Isu Ketahanan Pangan, Reforma Agraria, dan Lingkungan di Debat Cawapres
Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden, Chico Hakim dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar, Menteng, Jakarta, Senin (16/10/2023).(KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
17:14
19 Januari 2024

Mahfud Disebut Akan Angkat Isu Ketahanan Pangan, Reforma Agraria, dan Lingkungan di Debat Cawapres

- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD disebut bakal mengangkat isu ketahanan pangan, reforma agraria, dan pelestarian lingkungan dalam debat cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim mengatakan bahwa isu tersebut menjadi titik berat karena dekat dengan masalah yang dialami rakyat maupun negara.

"Pak Mahfud akan bicara tentang ketahanan pangan, reforma agraria, pelestarian lingkungan dan korelasinya dengan kepentingan rakyat banyak," kata Chico kepada Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Chico pun menegaskan bahwa Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu siap untuk berdebat dan memaparkan gagasannya.

"Setiap hari dalam minggu ini disempatkan diskusi dengan teman-teman di TPN terkait topik debat," ujar Chico.

Seperti diketahui, debat kedua cawapres kedua akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu malam.

Debat keempat pemilihan presiden (Pilpres) itu mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Tiga cawapres yang akan tampil dalam debat adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebelumnya memastikan bahwa debat tersebut akan berjalan dengan format yang sama dengan debat sebelumnya.

“Tidak ada perubahan apa pun, kecuali memang perubahan itu kan terkait dengan tema, nah tema yang nanti didebat ke-4 itu akan berpengaruh dengan penentuan panelis-penelis,” kata Komisioner KPU, August Mellaz pada 15 Januari 2024.

Dengan demikian, ketiga cawapres akan menjawab pertanyaan yang dibuat panelis secara acak.

Kemudian, cawapres dapat bertanya langsung kepada cawapres lainnya dengan pertanyaan yang terkait tema debat.

Ketiga cawapres juga akan mendapatkan waktu untuk menanggapi pernyataan lawan debatnya.

“Terkait dengan segmen keempat dan kelima kan itu pertanyaan yang muncul langsung apakah calon presiden ataupun cawapres yang pada saat debat dilaksanakan agar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan itu diupayakan sangat relevan dengan tema-tema debat,” ujar Mellaz.

Editor: Ardito Ramadhan

Tag:  #mahfud #disebut #akan #angkat #ketahanan #pangan #reforma #agraria #lingkungan #debat #cawapres

KOMENTAR