Cek Fakta: Ida Dayak Gelar Pengobatan di Bontang Agustus 2024, Benarkah?
Ida Dayak [TikTok]
16:32
26 Juli 2024

Cek Fakta: Ida Dayak Gelar Pengobatan di Bontang Agustus 2024, Benarkah?

Pesan berantai yang mengabarkan bahwa Ida Dayak akan melakukan pengobatan alternatif di Bontang pada 11-15 Agustus 2024 mendatang telah dipastikan sebagai hoax.

Kabar ini pertama kali menyebar melalui poster yang tersebar luas di media sosial dan grup WhatsApp, yang menyatakan bahwa lokasi pengobatan Ida Dayak akan berada di Gedung Graha Pemuda Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Bontang, Jalan Jendral Soedirman.

Namun, kabar tersebut segera dibantah oleh pihak Disporaparekraf Bontang. Sekretaris Disporaparekraf Bontang, Rita Atin Widiarti, menyatakan bahwa tidak ada jadwal peminjaman halaman gedung untuk kegiatan tersebut pada tanggal yang disebutkan.

"Tidak ada itu. Mungkin kabar itu tidak benar," ucapnya singkat seperti dikutip dari klikkaltim jejaring suara.com, Jumat (26/7/24).

Baca Juga: Cek Fakta: Jokowi dan Gibran Sakit Hati karena Prabowo Usung Ahok di Pilkada Jakarta, Benarkah?

Lebih lanjut, penelusuran oleh Klik Kaltim menemukan bahwa nomor telepon yang digunakan untuk pendaftaran pengobatan alternatif tersebut mengandung spam tinggi, menambah indikasi bahwa kabar tersebut adalah hoax.

Kapolres Bontang, AKBP Alex Frestian, melalui Kasi Humas Iptu Dani, juga memastikan bahwa kabar ini tidak benar.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang merasa dirugikan untuk segera melapor agar laporan tersebut dapat ditelusuri dan pelaku hoax dapat diburu.

"Kabar itu dipastikan hoax. Kalau ada korban, silahkan lapor, kami akan tindaklanjuti," ucap Iptu Dani.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak terverifikasi dan selalu memeriksa kebenaran informasi dari sumber resmi.

Baca Juga: Cek Fakta: Link Pendaftaran Bansos Korban Judi Online

Poster pengobatan alternatif oleh Ida Dayak di Bontang pada Agustus 2024 adalah kabar yang menyesatkan dan tidak benar.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #dayak #gelar #pengobatan #bontang #agustus #2024 #benarkah

KOMENTAR