Isyaratkan Kerja Sama di Pilgub Jatim, PKB-PDIP Tinggal Cari Figur Lawan Duet Khofifah-Emil
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. (Suara.com/Rakha)
15:44
24 Juli 2024

Isyaratkan Kerja Sama di Pilgub Jatim, PKB-PDIP Tinggal Cari Figur Lawan Duet Khofifah-Emil

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengisyaratkan bakal bekerjasama dengan PDI Perjuangan (PDIP) untuk Pilgub Jawa Timur 2024. Kedua partai kekinian sedang menggodok nama pasangan calon yang akan diusung.

"Untuk Jawa Timur memang sedang dibahas siapa yang nanti akan maju bersama PDIP," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Ia mengatakan, baik PKB dan PDIP merupakan partai yang punya modal kuat di Pilgub Jawa Timur.

"Perlu diketahui di Jawa Timur PDIP-PKB adalah pemenang ke satu dan ke dua yang mesinnya sangat kuat, tinggal mencari figurnya," ungkapnya.

Baca Juga: Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK, Johan Budi Bakal Mundur dari PDIP dan DPR RI

Ia pun berharap beberapa waktu ke depan bisa diputuskan siapa pasangan calon yang akan diusung PKB dan PDIP untuk Pilgub Jatim menghadapi pasangan calon Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

"Mudah-mudahan beberapa hari ke depan segera bisa diputuskan siapa calon gubernur dan wakil gubernur di Koalisi PKB-PDIP dan partai lain di Jawa Timur," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, PDIP kekinian intens membangun komunikasi dengan PKB untuk Pilkada 2024.

"Ya Pilkada Jakarta sudah semakin mengerucut," kata Hasto di Kawasan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024).

Ia mengatakan, jika PDIP coba intens komunikasi dengan PKB untuk penjajakan kerja sama di Pilgub Jakarta.

Baca Juga: Sanjungan Hasto PDIP Ke Anies: Pernah Jadi Rival, Tapi Sekarang Teman Berdialog

"Hari ini ada mukernas PKB dan Harlah dari PKB, karena kami juga Pak Baskara (Ahmad Basarah) ditugaskan oleh bu mega di situ sekaligus melakukan komunikasi politik dengan PKB," ujarnya.

"Karena di Jawa Tengah dan Jawa Timur kemudian di Riau itu juga terbuka ruang kerja sama dengan PKB seperti yang ada di Jakarta, sehingga komunikasi terus dilakukan," sambungnya.

Sementara itu, ketika disinggung apakah mulai intensnya berkomunikasi dengan PKB untuk Pilgub Jakarta ke dua partai akan sama-sama mendorong Anies, Hasyo hanya menjawab secara diplomatis.

"Ya namanya Jakarta ini kan sangat penting dan strategis, sehingga terkait dengan siapa yang akan dicalonkan, nanti akan diumumkan secara serentak oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, ya termasuk gubernur-gubernur di Jawa dan di luar Jawa seperti Sumatera Utara," ungkapnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #isyaratkan #kerja #sama #pilgub #jatim #pdip #tinggal #cari #figur #lawan #duet #khofifah #emil

KOMENTAR