Biodata Meki Fritz Nawipa: Bakal Calon Gubernur Papua Tengah yang Pernah Jadi Pilot Megawati Soekarnoputri
Mantan Bupati Paniai, Meki Fritz Nawipa saat melakukan wawancara khusus di Kantor Suara.com di Jakarta, Jumat (12/7/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:24
18 Juli 2024

Biodata Meki Fritz Nawipa: Bakal Calon Gubernur Papua Tengah yang Pernah Jadi Pilot Megawati Soekarnoputri

Meki Fritz Nawipa yang dikenal sebagai politisi dari PDI Perjuangan dan akan mengikuti Pilkada 2024 sebagai Calon Gubernur Papua Tengah, memiliki rekam jejak yang mengesankan di dunia politik dan penerbangan. Simak yuk Biodata Meki Fritz Nawipa yang dirangkum Suara.com, berikut ini.

Mempunyai jam terbang 12.000 selama 15 tahun berkarier jadi pilot, Meki juga pernah menjadi pilot pesawat yang ditumpangi Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Pengalaman menjadi pilot untuk Megawati itu dialami Meki saat Ketua Umum PDIP tersebut tengah mengikuti pemilihan presiden 2009. 

"Pernah jadi pilot pribadinya Ibu Megawati, waktu calon presiden dengan Pak Prabowo wakil presiden," kata Meki dalam wawancara khusus bersama Suara.com, di kantor Suara.com, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, ditulis Kamis (18/7/2024).

Biodata Meki Fritz Nawipa

Baca Juga: Bakal Cagub Papua Tengah Meki Nawipa: kalau Orang Baik Tak Bisa Jadi Gubernur, Penjahat Lah yang Akan Menguasainya

Meki Fritz Nawipa, atau yang lebih dikenal dengan Mepa, lahir pada 6 Mei 1978 di Enarotali, Kabupaten Paniai. Mepa adalah putra dari pasangan Yahya Nawipa dan Ruth Gobai. Sejak kecil, Mepa sudah menunjukkan ketekunan dalam pendidikan. Ia menamatkan pendidikan dasar di Sekolah Dasar YPPI Kebo 1, Paniai, dan melanjutkan ke SMP Negeri Aradide serta SMA Negeri 5 Jayapura.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, Meki melanjutkan studi di Bible Collage of Victoria, Melbourne, Australia pada tahun 2001-2005, dan Universitas Cenderawasih Jayapura, Papua pada tahun 2019-2023. Selain pendidikan formal, Meki juga mengikuti berbagai pelatihan penerbangan di Deraya Flying School Jakarta dan MAF Flight Training Centre di Papua Nugini.

Karir Penerbangan dan Politik

Sebelum terjun ke dunia politik, Meki menghabiskan 15 tahun berkarir sebagai kapten pilot, menerbangkan pesawat perintis di pedalaman Papua. Ia pernah bekerja di beberapa maskapai, termasuk MAF Sentani, Susi Air, Alfa Trans, dan Tariku Aviation.

Pada tahun 2018, Meki terjun ke dunia politik dan berhasil terpilih sebagai Bupati Kabupaten Paniai, yang kini menjadi bagian dari Provinsi Papua Tengah. Selama masa jabatannya, ia fokus pada pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Paniai.

Baca Juga: Bakal Cagub Papua Tengah Meki Nawipa Pernah Terbangkan Megawati, Tak Boleh Salah saat Bawa Orang Besar

Mantan Bupati Paniai, Meki Fritz Nawipa saat melakukan wawancara khusus di Kantor Suara.com di Jakarta, Jumat (12/7/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Mantan Bupati Paniai, Meki Fritz Nawipa saat melakukan wawancara khusus di Kantor Suara.com di Jakarta, Jumat (12/7/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Visi dan Misi untuk Papua Tengah

Meki Fritz Nawipa dan Deinas Geley memiliki visi yang jelas untuk memajukan Papua Tengah. Salah satu prioritas utama mereka adalah membangun konektivitas antarwilayah di Papua Tengah, yang sebagian besar terdiri dari daerah pegunungan. Mereka berencana untuk meningkatkan infrastruktur jalan agar stabilitas harga pangan dapat terjaga dan mempercepat pembangunan di seluruh wilayah.

Selain itu, Meki dan Deinas berkomitmen untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat adat dan memastikan pendekatan sosial budaya yang inklusif. Mereka juga fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM), mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #biodata #meki #fritz #nawipa #bakal #calon #gubernur #papua #tengah #yang #pernah #jadi #pilot #megawati #soekarnoputri

KOMENTAR