Ucapkan Terima Kasih Atas 'Hadiah' Masjid Hingga Rumah Sakit Di RI, Jokowi Undang MBZ Ke Indonesia September 2024
Presiden Jokowi bertemu Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA), Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Rabu (17/7/2024). (Foto: IST)
20:36
17 Juli 2024

Ucapkan Terima Kasih Atas 'Hadiah' Masjid Hingga Rumah Sakit Di RI, Jokowi Undang MBZ Ke Indonesia September 2024

Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih atas sejumlah jasa dari Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA), Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Ucapan itu disampaikan kepala negara saat bertemu MBZ di Abu Dhabi, Rabu (17/7/2024).

Jokowi berterima kasih salah satunya untuk hadiah yang pernah diberikan MBZ, yakni berupa pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo. Masjid tersebut merupakan simbol persahabatan Indonesia dan Uni Emirat Arab.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih pembangunan Masjid di Solo, kota kelahiran saya Masjid Sheikh Zayed dan juga rumah sakit kardiologi di kota kelahiran saya, Solo," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima , Rabu (17/7/2024).

Jokowi juga berterima kasih juga atas penamaan salah satu jalan di Uni Emirat Arab yang menggunakan nama dirinya, yaitu Jalan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Bahas 4 Poin Penting, Jokowi juga Terima Kasih ke MBZ usai Kunjungan Prabowo-Gibran Bulan Lalu

Ucapan serupa ditujukan Jokowi untuk penamaan Masjid di Abu Dhabi yang juga menggunakan nama Joko Widodo. Penamaan jalan dan masjid ini juga menjadi salah satu bentuk hubungan erat kedua negara.

"Dan juga penamaan jalan di Abdu Dhabi dan Masjid Jokowi di Abu Dhabi. Ini akan mempererat hubungan kita ke depan antara Indonesia dan UEA," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menyampaikan keinginannya untuk mengundang MBZ kembali berkunjung ke Indonesia pada September 2024.

"Terakhir, kalau ada waktu saya ingin mengundang Yang Mulia untuk berkunjung ke Indonesua tahun ini di bulan September dan saya merasa sangat terhormat jika Yang Mulia berkenan memenuhi. Terima kasih Yang Mulia," kata Jokowi.

Diketahui, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan MBZ. Pertemuan itu berlangsung dalam agenda kunjungan kenagaraan Jokowi di Abu Dhabi, Rabu (17/7/2024).

Baca Juga: Dentuman Meriam Iringi Sambutan Hangat Presiden MBZ ke Jokowi di Abu Dhabi

Ada empat poin penting yang disampaikan Jokowi dalam pertemuan bersama MBZ. Melalui pertemuan tersebut, kepala negara sekaligus menyampaikan bahwa ia sangat menghargai persaudaraan dan kerja sama kedua negara yang telah berlangsung selama 10 tahun.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari MBZ atas kunjungan presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Mei lalu.

"Saya berharap kerja sama Indonesia dan UEA terus terjalin dan semakin erat ke depan," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menyampaikan satu per satu empat poin yang ia ingin sampaikan dalam pertemuan. Poin pertama terkait dengan kerja sama perdangangan hingga perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

"Alhamdulilllah perundingan CEPA telah selesai dan UEA adalah negara Timur Tengah pertama yang memiliki kerja sama CEPA dengan Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi menyambut baik kerja sama sistem pembayaran antara bank sentral kedua negara, serta pembangunan kapal untuk angkatan laut Uni Emirat Arab oleh PT PAL Indonesia.

"Saya yakin semua ini akan memberikan manfaat positif bagi perdagangan kedua negara," kata Jokowi.

Poin kedua, yakni terkait kerja sama investasi strategis. Jokowi mengatakan investasi antara kedua negara semakin kuat.

"Salah satu yang menjadi fokus Indonesia saat ini adalah pembangunan ibu kota baru Nusantara dan hilisirasi industri," kata Jokowi.

Poin ketiga terkait kerja sama iklim dan energi bersih. Joklwi mengapresiasi hubungan investasi 145 megawatt pembangkit listrik tenaga surya terapung di Cirata, yang selanjutnya akan dikembangkan hingga 500 megawatt.

"Saya juga menyambut baik groundbreaking Mangrove Researh Center di Bali dan kerja sama pembangkit listrik tenaga nuklir, antara BRIN Indonesia dan ENEC (Emirates Nuclear Energy Corporation), dan terima kasih yang mulia untuk dukungan nyata bagi transisi energi Indonesia,"

Poin keempat terkait kerja sama sosial budaya kedua negara. "Saya menyambut baik pemberian Zayed Award for Human Fraternity 2024 bagi NU dan Muhammadiyah untuk mendukung toleransi dan modernisasi Islam," kata Jokowi.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #ucapkan #terima #kasih #atas #hadiah #masjid #hingga #rumah #sakit #jokowi #undang #indonesia #september #2024

KOMENTAR