Pesawat Super Hercules C-130J Keempat Pesanan Indonesia Akan Tiba pada Akhir Januari
Pesawat Super Hercules C-130J-30 ketiga pesanan Indonesia, telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (9/8/2023).(Dok. Dispenau)
20:46
18 Januari 2024

Pesawat Super Hercules C-130J Keempat Pesanan Indonesia Akan Tiba pada Akhir Januari

- Pesawat Super Hercules C-130J unit keempat dengan nomor ekor A-1344 pesanan Indonesia dijadwalkan tiba di Tanah Air pada akhir bulan ini.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati memperkirakan, pesawat angkut produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS) itu tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin, 22 Januari 2024.

“(Akan tiba) tanggal 22 sampai 24 Januari (2024), sekitar itu,” kata Agung saat dikonfirmasi, Kamis (18/1/2024).

Menurut Agung, pada hari ini, waktu AS, pesawat Super Hercules unit keempat itu telah menyelesaikan etape pertama perjalanan menuju Indonesia.

Pesawat tersebut tiba di San Diego, California, pada pukul 13.27 waktu setempat.

Kru yang terlibat dalam perjalanan adalah para perwira terbaik TNI AU, dipimpin oleh Komandan Skudaron Udara 31 Letkol (Pnb) Alfonsus Fatma Astara Duta, didampingi Kasiopslat Disops Lanud Halim Perdanakusuma Mayor (Pnb) Chandra Danang Jaya, dan Kepala Flight Line 1 Flighthar Skadud 31 Kapten Tek Barry Yoga Patria.

“Bersama dengan mereka, sejumlah personel ahli dari Lockheed Martin turut serta dalam perjalanan ini yaitu Richard Anthony, John Justin, Rolland Mark, dan Robert John,” tulis siaran pers Dispenau, Kamis.

Diketahui, Indonesia memesan lima unit pesawat Super Hercules C-130J. Namun, baru tiga unit yang tiba di Tanah Air.

Ketiga pesawat yang telah tiba sudah mulai menjelajahi langit Indonesia dengan ditandai Navigation Exercise pada awal September 2023.

Bahkan, ketiga pesawat Super Hercules itu telah melaksanakan flypast saat perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI di atas Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, 5 Oktober 2023.

Editor: Nirmala Maulana Achmad

Tag:  #pesawat #super #hercules #130j #keempat #pesanan #indonesia #akan #tiba #pada #akhir #januari

KOMENTAR