Bikin Tegang Setiap Hari! Arsul Sani Ngaku Jadi Satu-satunya Hakim MK yang Diawasi Satu Anggota KY Ini
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Arsul Sani menjadi Hakim Konstitusi di Istana Negara, Kamis (18/1/2024). (Tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden)
20:40
18 Januari 2024

Bikin Tegang Setiap Hari! Arsul Sani Ngaku Jadi Satu-satunya Hakim MK yang Diawasi Satu Anggota KY Ini

Hakim Konstitusi Arsul Sani berkelakar bahwa dirinya menjadi satu-satunya hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diawasi oleh Komisi Yudisial (KY).

Hal itu disampaikan Arsul saat menyampaikan sambutan dalam acara Wisuda Purnabhakti Wahiduddin Adams dan Manahan M.P. Sitompul.

"Hari ini saya kembali, saya yakin, masuk ke dunia yang ketat, apalagi sudah terbentuk MKMK (Majelis Kehormatan Mahkamah Komstitusi)," kata Arsul di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024).

"Saya insha Allah tidak hanya dikawal oleh MKMK, tapi dikawal juga oleh Komisioner KY," tambah dia.

Kpopers Tak Mau Cengeng Meski Iklan Videotron Anies Diturunkan, Geisz Chalifah: Malah Semakin Kreatif

Sebab, istri Arsul, Sukma Violetta merupakan anggota KY yang juga merupakan Ketua Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Hakim di KY.

"Istri saya kebetulan masih menjabat sebagai Komisioner Komisi Yudisial Republik Indonesia," ujar Arsul.

"Jadi, meskipun menurut keputusan Mahkamah Konstitusi, KY tidak mengawasi hakim konstitusi, tapi itu tidak berlaku untuk saya," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik mantan Wakil Ketua MPR Arsul Sani sebagai Hakim Konstitusi.

Arsul mengucap sumpah janjinya di Istana Negara, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.00 WIB.

Calon Hakim Konstitusi Arsul Sani mengucapkan sumpah Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dihadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024). Arsul terpilih sebagai hakim konstitusi usulan DPR untuk menggantikan Wahiduddin Adams yang berakhir pada 17 Januari 2024. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayCalon Hakim Konstitusi Arsul Sani mengucapkan sumpah Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dihadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024). Arsul terpilih sebagai hakim konstitusi usulan DPR untuk menggantikan Wahiduddin Adams yang berakhir pada 17 Januari 2024. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pelantikan Arsul sebagai hakim konstitusi didasari oleh Keputusan Presiden Nomor 102 P Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan oleh DPR.

"Demi Allah saya bersumpah, akan melaksanakan kewajiban hakim konstitusi dengan seadil-adilnya dan sebaik-baiknya. Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala aturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Arsul, Kamis (18/1/2024).

Dengan begitu, politisi PPP itu sah menggantikan Wahiduddin Adams yang pensiun sebagai hakim di MK.

Sekadar informasi, pelantikan Arsul ini dihadiri oleh Ketua MK Suhartoyo, Wakil Ketua MK Saldi Isra dan Hakim Konstitusi lainnya yaitu Anwar Usman, Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Foekh, dan Guntur Hamzah.

Selain itu, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #bikin #tegang #setiap #hari #arsul #sani #ngaku #jadi #satu #satunya #hakim #yang #diawasi #satu #anggota

KOMENTAR