Dekan FK Unair Dipecat Gegara Tolak Dokter Asing, Menkes Budi Sadikin Lepas Tangan: Itu Wewenang Rektor
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di DPR RI. (Suara.com/Bagaskara)
19:56
8 Juli 2024

Dekan FK Unair Dipecat Gegara Tolak Dokter Asing, Menkes Budi Sadikin Lepas Tangan: Itu Wewenang Rektor

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, mengaku tak punya wewenang soal pencopotan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unair, Budi Santoso gegara komentarnya soal kebijakan dokter asing di Indonesia. 

"Saya kalau mengenai pemberhentian Dekan FK itu wewenangnya rektor, enggak ada wewenangnya Kemenkes bisa sampai ke sana," kata Budi di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2024). 

Ia mengaku tak pernah ada komunikasi dengan Rektor Unair. Sehingga ia juga tak mengetahui alasan mengapa Prof Budi diberhentikan dari jabatannya. 

Budi sendiri mengaku tak masalah dengan komentar keras Prof Budi soal kehadiran dokter asing di Indonesia. 

Baca Juga: Waduh! Menkes Beberkan Kasus ISPA di DKI Jakarta Meningkat 4 Kali Lipat Gegara Polusi Udara

"Dan kami juga tidak tahu pertimbangannya apa mengapa diberhentikan saya juga tidak ada komunikasi sama Rektor terus terang saya sendiri gak terlalu (tahu) masalah juga dengan komentar beliau ya karena lebih banyak komentar jelek mengenai saya, saya sudah terima gitu ya wartawan juga pasti denger. Buat saya pribadi gak ada masalah," ujarnya. 

Profil Dekan FK Unair Diberhentikan Usai Tolak Dokter Asing - Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG (K) (Dok. Unair)Profil Dekan FK Unair Diberhentikan Usai Tolak Dokter Asing - Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG (K) (Dok. Unair)

Kendati begitu, ia mengatakan, jika soal kehadiran dokter asing di Indonesia sudah ada aturannya. Menurutnya, aturan tersebuy sudah disetujui DPR RI dan pemerintah. 

"Cuma mengenai dokter asing, itu di UU udah selesai sudah diperbolehkan, jadi harusnya ya diskusi itu udah gaada lagi karena secara hukum formal rakyat indonesia baik wakil-wakil rakyat ataupun pemerintah sudah setuju kalau misalnya ada publik gak setuju ya itu sama aja kaya kitanya bilang oh pemilihan presiden sudah ditentukan yang menang beliau, oh saya gak setuju, ya kan sudah diputuskan. Seperti itu, jadi harusnya secara hukum udah gaada isu lagi," pungkasnya. 

Dipecat dari FK Unair

Sebelumnya, beredar viral di dunia maya terkait pesan Prof Budi Santoso yang mengaku dipecat dari jabatan Dekan FK Unair. Pesan itu dikirim di grup obrolan dosen FK Unair yang terdiri lebih 300 anggota. 

Baca Juga: Menkes Sebut Indonesia Bisa Tiru China Tangani Polusi Udara: Contoh Paling Bagus di Dunia

Pesan berpamitan ini beredar di media sosial dan menghebohkan rekan sejawat dosen maupun para dokter. Pasalnya Budi, jadi salah satu sosok yang cukup keras menentang kedatangan dokter asing ke Indonesia. 

"Assalamualaikum wr wb, Bpk ibu Dosen FK. Unair, per hari ini sy diberhentikan sebagai Dekan FK. Unair, sy menerima dengan lapang dada dan ikhlas, Mhn maaf selama sy memimpin FK. Unair ada salah dan khilaf, mari terus kita perjuangkan FK. Unair tercinta untuk terus maju dan berkembang, Aamiin3x , salam hormat untuk guru, senior dan sejawat semuanya," tulis Prof. Budi melalui pesan berpamitannya. 

Di sisi lain, saat dikonfirmasi lebih lanjut oleh awak media, Prof Budi membenarkan pemanggilannya ke hadapan rektor Unair, berkaitan dengan pernyataannya terkait kedatangan dokter asing ke Indonesia. 

"Iya. Iya. Proses saya untuk dipanggil berkaitan dengan itu (tolak kedatangan dokter asing)," jelas Prof. Budi. 

Budi mengaku akan menerima dengan lapang dada pemecatan terhadapnya, lantaran pendapat tersebut merupakan isi hati dan berkaitan dengan nurani sebagai dokter, yang menolak kedatangan dokter asing karena bisa mempengaruhi peluang berkarier tenaga medis lainnya. 

"Karena rektor pimpinan saya dan ada perbedaan pendapat dan saya dinyatakan berbeda ya keputusan beliau, ya diterima. Tapi kalau saya menyuarakan hati nurani. Saya pikir kalau semua dokter ditanya apa rela ada dokter asing, saya yakin jawabannya tidak," pungkasnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #dekan #unair #dipecat #gegara #tolak #dokter #asing #menkes #budi #sadikin #lepas #tangan #wewenang #rektor

KOMENTAR