Gerindra dan PKS Bersatu di Pilgub Banten, Ancaman Nyata Airin Rachmi Tak Dapat Teman Koalisi?
Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany memberi keterangan kepada awak media. [Yandi Sofyan/Suara.com]
16:24
7 Juli 2024

Gerindra dan PKS Bersatu di Pilgub Banten, Ancaman Nyata Airin Rachmi Tak Dapat Teman Koalisi?

Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany nampaknya mendapatkan ancaman nyata dari Partai Gerindra dan PKS di Pilkada 2024 pada bulan November mendatang.

Pasalnya, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah kompak bergabung dengan mengusung calon Gubernur Banten Andra Soni dan Calon Wakil Gubernur Banten Achmad Dimyati Natakusumah.

Tentunya hal ini diduga menjadi jalan sulit bagi Airin sapaan akrabnya untuk mendapatkan teman koalisi di Pilkada 2024 mendatang.

"Terancamnya posisi Partai Golkar di Pilgub Banten 2024 karena Partai Golkar yang semula diprediksi bakal berkoalisi dengan Partai Gerindra di Pilgub Banten justru ditinggalkan partai Gerindra," kata Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin, dikutip Minggu (7/7/2024).

Apalagi kata dia, kehadiran pimpinan Partai Amanat Nasional (PAN), PSI, PPP dan Partai Nasdem, pada deklarasi Cagub-Cawagub Andra-Dimyati pada 30 Juni lalu merupakan Signal kuat untuk merapat.

Baca Juga: KPU Diingatkan Benahi Sirekap Sebelum Pilkada Serentak 2024

"Partai Golkar yang memiliki 14 kursi di DPRD Banten kini hanya memiliki peluang berkoalisi dengan tiga partai yakni PDI-Perjuangan, Demokrat dan PKB," katanya.

Namun jika dilihat dari perolehan kursi partai PDI-Perjuangan di DPRD Banten yang sama banyaknya dengan Partai Golkar sebanyak 14 kursi disusul Partai Demokrat dengan perolehan 11 kursi dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 10 kursi juga membuka peluang koalisi untuk mengusung Cagub-Cawagub Banten Rano Karno dari PDI-Perjuangan berpasangan dengan Arief R Wismansyah dari Partai Demokrat.

"Kondisi ini semakin mempersempit ruang Partai Golkar mendapat tambahan kursi dukungan untuk bisa mencalonkan Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten mendatang," katanya.

Mengingat pada pencalonan pemilihan Gubernur Banten 2024 dari jalur partai politik peraturan KPU mensyarakatkan sebanyak 20 kursi DPRD Banten.

Sekilas Sosok Airin Rachmi Diany

Bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany didukung Projo. [Istimewa]Bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany didukung Projo. [Istimewa]

Airin Rachmi Diany lahir 28 Agustus 1976 adalah Wali Kota Tangerang Selatan sejak 20 April 2011 hingga 20 April 2021.

Airin merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung. Semasa kuliah, Airin pernah menjadi pemenang Mojang Parahyangan Bandung (1995) dan Mojang Provinsi Jawa Barat (1995).

Kemudian, ia mengikuti pemilihan Puteri Indonesia (1996) dan berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Favorit serta Puteri Indonesia Pariwisata.

Baca Juga: Sebut Nagita Slavina, Cara PKB Dongkrak Popularitas Politik Bobby Nasution?

Ia mencalonkan diri sebagai ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) serta namanya dicalonkan untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Airin juga dicalonkan oleh Golkar untuk pemilihan gubernur Banten tahun 2024.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #gerindra #bersatu #pilgub #banten #ancaman #nyata #airin #rachmi #dapat #teman #koalisi

KOMENTAR