PDIP Masukan Nama Anies Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta, Bagian Strategi Elektoral?
Eks Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (Suara.com/Bagaskara)
15:48
20 Juni 2024

PDIP Masukan Nama Anies Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta, Bagian Strategi Elektoral?

Nama Anies Baswedan kembali ramai diperbincangkan publik jelang Pilkada 2024. Hal ini seiring DPD PDIP Jakarta yang turut memasukan nama Anies di daftar rekomendasi untuk Pilkada Jakarta 2024 mendatang.

Pengamat politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Arya Budi menilai hal itu wajar untuk dilakukan. Mengingat seluruh partai politik (parpol) ingin memenangkan kontestasi dalam Pilkada 2024 nanti.

"Seluruh partai ingin menang dalam pencalonan pilkada. Jadi nalar partai adalah dia mencalonkan kandidat yang mempunyai potensi menang, meskipun beberapa partai berusaha untuk mempertahankan kader partai politik itu sendiri," kata Arya, Kamis (20/6/2024).

Arya bilang sebenarnya PDIP masih berusaha untuk mencalonkan kadernya. Namun situasi itu berubah usai kekalahan mereka pada proses elektoral eksekutif capres dan cawapres Februari kemari.

Baca Juga: Anies Baswedan Diminta Cek Khadam Saal Live TikTok, Reaksi Warganet Bikin Ngakak Sampai Sakit Perut

"Nah mereka (PDIP) tidak ingin kekalahan itu menjadi semakin besar dari momentum pilkada besok," ujarnya.

Terkait dengan Anies, kata Arya, suka tidak suka merupakan kandidat calon gubernur yang tersedia untuk posisi DKI Jakarta. Selain berstatus sebagai petahana, secara elektoral pun Anies masih memiliki dukungan yang paling kuat.

Menurutnya mengusung Anies dalam Pilkada DKI Jakarta nanti adalah strategi elektoral dari PDIP. Di samping memang partai berlogo banteng itu memiliki maksud paralel untuk bersebrangan dengan kelompok Jokowi yang didukung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) dimana satu gerbong mengusung Prabowo-Gibran pada Pilpres kemarin.

"Nah Anies selain secara elektoral potensial dan itu menciptakan potensi menang bagi PDIP karena dia ingin sebisa mungkin menang di banyak daerah," tuturnya.

"Apalagi Jakarta itu adalah spotlight ratusan pilkada besok, salah satu spotlight yang paling terang, dimana exposure media itu menjadi sangat masif itu memang Jakarta. Nah PDIP tidak mau itu hilang," imbuhnya. 

Baca Juga: Blak-blakan Anies Baswedan Nilai Jokowi Segini soal Berpolitik Bersih di Indonesia: Belum Jadi Prioritas

Arya melanjutkan PDIP mengininkan kandidat yang secara programatik maupun ambisi bersebrangan dengan pemerintah yang akan datang. Mengingat ada putra Jokowi di sana yaitu Gibran Rakabuming Raka. 

Apalagi PDIP telah secara eksplisit menyebutkan akan bersebrangan dengan pemerintah nanti. Sehingga kepala daerah itu akan lebih bagus jika mempunayi satu napas yang sama dengan PDIP terkait dengan posisi mereka yang di luar pemerintah.

"Nah Anies itu salah satu kandidat yang sangat potensial untuk berada di dalam posisi politik yang sama dengan PDIP yaitu berada secara berhadap-hadapan dengan pemerintahan ke depan terutama Prabowo-Gibran," terangnya.

"Itu akan mempermudah mereka untuk melakukan konsolidasi narasi politik dan seterusnya bukan hanya di legislatif melalui kursi anggota dewan tetapi melalui kepala-kepala daerah yang bisa mereka pegang dan mereka usung bersama jika menang nanti," tambahnya.

Kendati jika dilihat secara ideologi PDIP dan Anies juga sebenarnya bersebrangan. Tetapi mereka dapat disatukan dengan posisi politik yang sama.

"Meskipun sekali lagi secara ideologi bersebrangan. Anies yang cenderung islamis dengan PDIP yang nasionalis tetapi mereka disatukan oleh posisi politik yang sama, yaitu bersebrangan dengan Jokowi maupun koalisinya," pungkasnya.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #pdip #masukan #nama #anies #baswedan #untuk #pilkada #jakarta #bagian #strategi #elektoral

KOMENTAR