Gak Tanggung-tanggung, Jokowi Sumbang 68 Sapi Kurban buat Tiap Provinsi Termasuk IKN, Bobotnya Bikin Melongo!
Gak Tanggung-tanggung, Jokowi Sumbang 68 Sapi Kurban buat Tiap Provinsi Termasuk IKN, Bobotnya Bikin Melongo! (ANTARA)
10:40
14 Juni 2024

Gak Tanggung-tanggung, Jokowi Sumbang 68 Sapi Kurban buat Tiap Provinsi Termasuk IKN, Bobotnya Bikin Melongo!

Demi menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin (17/6/2024) pekan depan, Presiden Jokowi akan  menyumbang sapi kurban. Tak tanggung-tanggung, Jokowi akan menyerahkan sebanyak 68 ekor sapi ke setiap provinsi di Indonesia, termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dari rincian 68 ekor hewan kurban yang disumbangkan Jokowi itu di antaranya, satu ekor sapi untuk IKN, satu ekor untuk masjid tempat Presiden melaksanakan salat Idul Adha dan satu ekor untuk Masjid Istiqlal.  

Selain itu, Presiden juga akan memberikan 27 ekor sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kalimantan Timur serta masjid dan pondok pesantren di dekat kawasan IKN.

“Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu (ekor), termasuk OIKN satu (ekor), dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dikutip dari Antara, Jumat (14/6/2024). 

Baca Juga: Bela Jokowi usai Namanya Diseret SYL, Begini Klaim Istana soal Perintah Tarik Duit di Kementerian

Sapi jenis PO dengan berat hampir satu ton milik peternak dari Kelurahan Wonolelo, Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dibeli Presiden Jokowi untuk hewan kurban Idul Adha 1445/2024. (ANTARA/Hery Sidik)Sapi jenis PO dengan berat hampir satu ton milik peternak dari Kelurahan Wonolelo, Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dibeli Presiden Jokowi untuk hewan kurban Idul Adha 1445/2024. (ANTARA/Hery Sidik)

Menurut Heru, sapi-sapi kurban Presiden Jokowi beratnya bervariasi, antara 800 kilogram hingga 1 ton setiap ekor.  

Dia pun mengatakan bahwa Sekretariat Presiden akan bekerja sama dengan dinas pertanian dan peternakan di masing-masing daerah guna memastikan bahwa sapi-sapi kurban tersebut telah melalui proses pemeriksaan kesehatan sehingga aman dikonsumsi masyarakat.  

“Kami pastikan semua sapi selama proses pemilihan tersebut melalui rangkaian (tes) kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan,” ujar Heru.

Mengenai shalat Idul Adha, Heru mengatakan belum bisa memastikan Presiden Jokowi akan melaksanakan shalat Id di Jakarta atau di daerah.

“Ini sedang dibahas dengan Pak Mensesneg,” jawabnya singkat.

Baca Juga: Santai Relawan Pro Jokowi Codong Dukung RK di Pilkada Jakarta, Kaesang Tetap Ingin Duet Bareng Anies?

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #tanggung #tanggung #jokowi #sumbang #sapi #kurban #buat #tiap #provinsi #termasuk #bobotnya #bikin #melongo

KOMENTAR