Mengenang Mendiang Buya Syakur, Ulama Kharismatik Indramayu Lulusan Oxford yang Beri Kesan Mendalam bagi Wapres Ma'ruf Amin
Ulama besar Buya Syakur tutup usia pada Rabu (17/1) dini hari WIB. (Instagram buyasyakuryasin )
09:24
18 Januari 2024

Mengenang Mendiang Buya Syakur, Ulama Kharismatik Indramayu Lulusan Oxford yang Beri Kesan Mendalam bagi Wapres Ma'ruf Amin

- Duka mendalam dirasakan masyarakat Indonesia khususnya umat Muslim. Sosok ulama besar tutup usia pada Rabu (17/1) dini hari WIB. Ulama besar yang berpulang adalah K. H. Syakur Yasin atau akrab disapa Buya Syakur. Beliau tutup usia pasa umur 75 tahun setelah dirawat selama sepuluh hari di sebuah rumah sakit.

Kabar meninggalnya ulama kharismatik asal Indramayu tersebut menciptakan suasana duka bagi banyak orang, bahkan tokoh-tokoh negara seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dilansir Wapres.go.id, Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya sang ulama dalam sebuah video.

“Saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya Prof. Dr. K. H. Abdul Syakur Yasin,” ucap Ma'ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin juga mengungkap sebuah kesan mendalam yang diberikan Buya Syakur sebagai salah satu sosok ulama kharismatik yang cerdas. “Beliau bukan hanya penyebar risalah agama Islam, melainkan juga pembawa pesan kebijaksanaan dan cinta kasih untuk sesama,” ungkapnya.

Sebagai seorang ulama besar, wafatnya Buya Syakur tak hanya kehilangan di keluarga namun juga bangsa Indonesia. Ma’ruf Amin menyebut, warisan kebaikan dan ilmu yang diberikan Buya Syakur, menjadikan dirinya sebagai sosok yang dihormati dan dicintai masyarakat.

"Kepada segenap keluarga Buya Syakur, khususnya keluarga besar Pondok Pesantren Cadangpinggan, Kertasmaya, Indramayu, semoga diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini,” ungkap Wapres Ma'ruf Amin.

Sebagai sosok yang peduli akan pendidikan, Buya Syakur menghabiskan belasan tahun hidupnya untuk mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon. Ia juga berkelana dari satu negara ke negara lainnya untuk menimba ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang tidak bisa didapatkannya selama di Indonesia. Diantara negara tersebut adalah Irak, Syria, Libya, Tunisia, dan Mesir.

Buya Syakur bahkan tercatat sebagai satu-satunya ulama Indramayu yang menjadi lulusan kampus ternama Inggris, Oxford University.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #mengenang #mendiang #buya #syakur #ulama #kharismatik #indramayu #lulusan #oxford #yang #beri #kesan #mendalam #bagi #wapres #maruf #amin

KOMENTAR