Jokowi Tak Khawatir Mundurnya Kepala Otorita IKN Berpengaruh Ke Investor: Ndak, Ndak Ada
Presiden RI Joko Widodo saat (Jokowi) memberikan arahan dalam SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/05/2024). [Situs KemenpanRB]
09:36
5 Juni 2024

Jokowi Tak Khawatir Mundurnya Kepala Otorita IKN Berpengaruh Ke Investor: Ndak, Ndak Ada

Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait mundurnya Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. Jokowi mengaku tidak khawatir mundurnya Bambang bakal berdampak ke investor.

"Ndak. Ndak, ndak, ndak," kata Jokowi menanggapi pertanyaan media terkait kekhawatiran soal investor, di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

Jokowi mengaku tidak ada masalah atas mundurnya Bambang terhadap investor di IKN.

"Ndak ada, ndak ada. Ndak ada masalah," katanya lagi.

Baca Juga: Senyum Jokowi Perkenalkan Menteri Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN ke Investor

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap mundurnya Bambang Susantono dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak berpengaruh terhadap kepercayaan mereka.

Presiden Jokowi kemudian menunjuk Basuki sebagai Plt Kepala Otorita.

Dalam keterangan di depan media, Selasa kemarin, Basuki yakin tidak ada masalah dengan kepercayaan investor. Ia justru berharap kepercayaan investor tetap tinggi, kendati Bambang mundur.

Diketahui Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe juga ikut mundur.

"Tapi saya kira nggak ada masalah. Mudah-mudahan justru mempertinggi kepercayaan karena yang menggantikan menteri dan wakil menteri," kata Basuki.

Baca Juga: Buntut Kepala Otorita IKN Mundur, Komisi II DPR Bakal Panggil Pemerintah: Dia Mundur atau Dipaksa Mundur?

Sementara itu, terkait tugasnya sebagai Plt Kepala Otorita IKN, Basuki memandang tidak ada perbedaan dengan tugas-tugas Kepala Otorita sebelumnya.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mundur dari jabatan, langkah Bambang itu juga diikuti wakilnya, Dhony Rahajoe. Pengunduran diri keduanya diumumkan Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden, Senin (3/6/2024).

"Beberapa waktu yang lalu bapak presiden menerima surat pengunduran dari Pak Dhony selaku wakil kepala Otoritas IKN. Kemudian beberapa waktu berikutnya pak presiden juga menerima surat pengunduran diri dari bapak Bambang Susantono sebagai kepala Otoritas IKN," kata Pratikno.

Menanggapi surat pengunduran diri Bambang dan Dhony, Jokowi kemudian menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian kedunya secara hormat.

"Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," ujar Pratikno.

Pratikno mengatakan bahwa presiden juga menyampaikan terima kasih atas pengabidan yang dilakukan Bambang dan Dhony.

"Disertai ucapan terima kasih. Terima kasih atas pengabdian beliau-beliau," kata Pratikno.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #jokowi #khawatir #mundurnya #kepala #otorita #berpengaruh #investor #ndak #ndak

KOMENTAR