Intip Pesta Ulang Tahun Mewah Bibie Cucu SYL: Kantongi Duit Haram dari Kementan
Intip Pesta Ulang Tahun Mewah Bibie Cucu SYL: Dapat Duit Haram dari Kementan [Tangkap layar Youtube]
08:56
21 Mei 2024

Intip Pesta Ulang Tahun Mewah Bibie Cucu SYL: Kantongi Duit Haram dari Kementan

Cucu dari Syahrul Yasin Limpo (SYL), Andi Tenri Bilang Radisyah Melati terseret dalam kasus korupsi sang kakek. Wanita yang akrap disapa Bibie itu disebut pada sidang korupsi SYL di Pengadilan Tipikor Jakpus.

Pada lanjutan sidang Korupsi SYL pada Senin 20 Mei 2025, terungkap cucu SYL mendapatkan aliran uang sebesar Rp25 juta.

Menurut informasi dari saksi Sekretaris Badan Karantina Kementan, Lucy Anggraini, sang cucu mendapat transferan uang sebesar Rp25 juta yang berasal dari anak buah SYL.

Lucy awalnya diminta oleh jaksa menjelaskan catatan keuangan terkait permintaan dari M. Lucy menjelaskan bahwa M yang ia maksud di catatan itu ialah SYL.

"Saya tanya juga ke saksi. Ada honor M, tiket keluarga M itu maksudnya apa itu?," tanya jaksa.

"M itu menteri maksudnya, Pak. Untuk mempersingkat saja" jawab Lucy.

Lucy lalu membenarkan bahwa ada aliran dana untuk cucu SYL sejumlah Rp25 juta. Lucy menyebut uang itu pembelian kado cucu SYL.

"Uang. Kita biasanya memberikannya dalam bentuk uang," jawab Lucy.

"Kado kan, bukan barang berati ini? Langsung nilainya Rp 25 juta?" tanya jaksa.

"Iya diminta," jawab Lucy.

Meski tidak disebutkan nama jelas siapa cucu SYL yang mendapat uang Rp25 juta. Bibie pada sidang 15 Mei 2024 disebutkan mendapat aliran dana sebesar Rp20 juta dari Kementan.

"Tadi ditransfer Rp 20 juta nih. Penerima A Tenri Bilang Radisyah. Ini siapa nih? Bisa Saksi jelaskan?" tanya jaksa KPK Ikhsan Fernandi.

Saksi sekretariat Direktorat Jenderal (Sesditjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Bambang Pamuji bahwa sosok A Tenri itu ialah cucu dari SYL.

"Siapa yang merintahkan? Kok ditransfer Rp20 juta? Untuk apa nih untuk cucunya Pak Menteri?" tanya Jaksa Ikhsan.

Bambang lalu menyebut bahwa ia diperintahkan oleh mantan ajudan SYL, Panji Harjanto.

Andi Tenri Bilang Radisyah Melati atau Bibie ialah anak dari Indira Chunda Thita, putri SYL. Wanita yang pernah mengambil kursus di Oxford, Inggris ini pada 2018 pernah merayakan pesta ulang tahun mewah ke 20.

Pada tayangan video yang diunggah salah satu akun Youtube terlihat ulang tahun Bibie dirayakan oleh keluarga besar SYL. Di acara ulang tahun itu, kelompok marching band tampak menghibur Bibie dan keluarga besarnya.

Dalam video itu terlihat kue ulang tahun spesial yang diberikan oleh SYL dan istri kepada cucu tercinta.

"Happy 20 th Birthday Grand Daughter dari Kake dan Grandma," tulisan pada kue ulang tahun Bibie.

Bibie dalam video itu tampak begitu gembira dengan pesta ulang tahun yang dirayakan keluarga besarnya. Di momen itu, keluarga besar SYL serta rekan-rekan Bibie tampak makan bersama ala-ala Korea.

SYL juga tampak hadir di tengah pesta makan ala barbeque Korea. Ia tampak asyik sedang membolak-balikan daging di tempat penggangan.

Sejumlah melati sempat dilepas di momen ulang tahun Bibie. Setelah meniup lilin dari kue ulang tahun, acara itu diakhiri dengan penembakan kembang api ke udara.

Tampak pesta kembang api menjadi akhir dari pesta mewah Bibie di malam itu. Selain itu, di dalam rumah mewah SYL itu, sempat juga diadakan lomba kecil-kecilan untuk anak-anak dari keluarga besar SYL.

Dalam video juga terlihat SYL ikut meramaikan dengan mengikuti lomba makan kerupuk.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #intip #pesta #ulang #tahun #mewah #bibie #cucu #kantongi #duit #haram #dari #kementan

KOMENTAR