Kekayaan Hasyim As'yari, Ketua KPU Dikritik Pakai Jet Pribadi hingga Hidup Mewah
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari saat melakukan wawancara ekslusif dengan Suara.com di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Selasa (5/9/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
12:24
17 Mei 2024

Kekayaan Hasyim As'yari, Ketua KPU Dikritik Pakai Jet Pribadi hingga Hidup Mewah

Nama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim As'yari tengah menjadi perbincangan setelah dikritik lantaran menggunakan pesawat jet pribadi saat menjalani tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu 2024. 

Ketua KPU Hasyim As'yari disinggung terkait itu oleh anggota Komisi II DPR RI fraksi Demokrat Rezka Oktoberia. sementara anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony menyindir gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan karena kaget secara mendadak mendapatkan uang puluhan triliun.

Menanggapi ihwal tudingan pakai pesawat pribadi, Hasyim As'yari pun buka suara. Menurut dia, penyewaan pesawat itu digunakan untuk melakukan pengawasan pendistribusian logistik Pemilu di berbagai daerah. 

Di tengah kontroversi itu, berikut ini harta kekayaan Hasyim As'yari yang dirangkum berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Menurut LHKPN yang disampaikan Hasyim pada 30 Maret 2023 dan tercatat di elhkpn.kpk.go.id, Ketua KPU RI ini memiliki total harta kekayaan Rp9.094.000.000 atau Rp9 miliar lebih.

Total kekayaan dari tanah dan bangunan senilai Rp6,75 miliar. Tanah dan bangunan itu berada di Rembang, Semarang, Kudus dan Pati di Jawa Tengah. 

Selain itu, Hasyim melaporkan kepemilikan alat transportasi dan mobil senilai 324 juta yang terdiri dari Vespa PX150 tahun 1985 senilai Rp20 juta, motor Honda Speice tahun 2011 senilai Rp4 juta, mobil Toyota Prado tahun 2006 senilai Rp150 juta, dan mobil Nissan New Serena tahun 2014 senilai Rp150 juta. 

Ada pula harta bergerak lainnya senilai Rp830 juta serta kas dan setara kas senilai Rp1,19 miliar juta.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #kekayaan #hasyim #asyari #ketua #dikritik #pakai #pribadi #hingga #hidup #mewah

KOMENTAR