Soroti Mesin Pesawat Garuda Terbakar, Legislator NasDem: Masak Ongkos Haji Naik, Pesawatnya Tua
Pesawat Garuda Indonesia mengangkut calon haji asal Embarkasi Makassar, terbang menuju Arab Saudi, Rabu 15 Mei 2024 [SuaraSulsel.id/Humas Kemenag Sulsel]
08:04
17 Mei 2024

Soroti Mesin Pesawat Garuda Terbakar, Legislator NasDem: Masak Ongkos Haji Naik, Pesawatnya Tua

Anggota Komisi V DPR RI fraksi Partai NasDem, Syarief Abdullah Alkadrie, memberikan sorotan terhadap terjadinya kebakaran pada mesin pesawat Garuda. Maskapai pelat mereh itu sebelumnya membawa calon jamaah haji yang akan terbang ke Arab Saudi.

Menurutnya, DPR lewar Komisi V perlu memanggil maskapai Garuda untuk membeberkan mengapa perusahaan BUMN ini menggunakan pesawat tua untuk mengangkut jamaah.

"Ini warning bagi Garuda dan penyelenggara haji memilih armada karena ini menyangkut safety. Sebelum terbang harus terlebih dulu diperiksa," kata Syarief dalam keterangannya, Kamis (16/5/2024).

Terlebih, kata dia, Garuda sendiri merupakan maskapai flag carrier, yang membawa nama bangsa di kancah dunia. Menurutnya, Garuda harus benar-benar memperhatikan unsur keamanan untuk penumpang.

Politisi asal Kalimantan Barat ini menilai, pesawat Boeing 747 400 yang terbakar itu sudah banyak dikandangkan Garuda. Namun justru sangat aneh, Garuda menyewa pesawat tersebut untuk membawa calon jamaah haji.

"Sementara kita tahu, ongkos haji baru saja naik. Masak calon jamaah haji mendapatkan servis pesawat tua?," tanyanya.

Lebih lanjut, Syarief akan mendorong agar komisinya memanggil pihak-pihak terkait menjelaskan peristiwa ini.

"Saya akan mendorong Komisi 5 DPR untuk memanggil Garuda dan Menteri Perhubungan untuk menjelaskan perihal ini," pungkasnya.

Untuk diketahui, sebuah insiden mengejutkan terjadi pada hari Rabu (15/5/2024) ketika mesin pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji terbakar sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Usut punya usut berdasarkan data FlightRadar24, pesawat yang mengalami insiden ini ternyata bukan milik Garuda Indonesia, melainkan pesawat sewaan dari maskapai asing bernama Terra Avia.

Terra Avia sendiri merupakan perusahaan penyedia jasa carter pesawat yang berbasis di Bandara Internasional Chiin di Chiinu, Moldova yang disewa Garuda Indonesia untuk menambah penerbangan di musim haji 2024.

Adapun penerbangan GA-1105 dioperasikan dengan armada Boeing 747-400 diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 waktu setempat.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #soroti #mesin #pesawat #garuda #terbakar #legislator #nasdem #masak #ongkos #haji #naik #pesawatnya

KOMENTAR