Asyik Masak di Gunung Prau, Dua Pendaki Luka-luka saat Gas Kompor Meledak
Sejumlah tim penyelamat membawa korban terkena gas meledak di Gunung Prau. (Twitter/@Heraloebss)
04:08
13 Mei 2024

Asyik Masak di Gunung Prau, Dua Pendaki Luka-luka saat Gas Kompor Meledak

Sebuah peristiwa naas dialami dua orang pendaki yang sedang memasak di Gunung Prau, Jawa Tengah. Peristiwa sendiri terjadi pada Sabtu (11/5/2024).

Melansir @Heraloebss, Minggu (12/5/2024), tampak dua orang pria terkapar setelah mengalami ledakan kompor. Terlihat satu orang mengalami luka serius hingga mengeluarkan darah.

"Saat sedang masak, tiba-tiba gas portable milik pendaki meledak. Korban segera dievakuasi di shelter darurat yang berada dekat dengan camp sambil menunggu bantuan," tulis caption video.

Dijelaskan dalam video, para pendaki mendirikan tenda berhadap-hadapan. Setelah menjalani pendakian ke pos terakhir Gunung Prau. Pada pagi harinya para pendaki memasak, dan tiba-tiba gas meledak.

Bisa Bangun Masjid di Uganda, Ivan Gunawan Ungkap Males dengan Orang Minta Bantuan yang Bawa Proposal

Ada tiga tenda yang didirikan dan ketika memasak, dua korban yang mengalami luka cukup serius.

Kondisi ini pun menjadi perhatian netizen. Pasalnya, kewaspadaan dan kehati-hatian saat memasak menggunakan gas atau kompor portable harus tinggi.

"Palingan pakai tempat gas diisi ulang terus, kayak dipaksakan padahal enggak layak pakai," ujar salah satu netizen.

"Apakah pake gas isi ulang? Bukan yg isian dari pabrik?" kata netizen lainnya.

"Biasanya sih kasus kaya gini ada kemungkinan pakai gas portable yang isi ulang sehingga tekanananya tidak standar," duga lainnya.

"Semoga lekas sehat buat masnya. By the way, kalau di ruang terbuka mau gas bocor juga enggak bakal meledak," ujar lainnya sembari mendoakan kesembuhan korban.

Menggunakan gas portable ketika mendaki gunung memang tak salah. Alat seperti gas, memang harus benar-benar yang masih layak pakai.

Di sisi lain, memasak menggunakan parafin yang nantinya dibakar ketika sedang mendaki juga dianjurkan atau mengumpulkan dahan kering yang nantinya menjadi semacam api untuk memasak atau memanaskan air.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #asyik #masak #gunung #prau #pendaki #luka #luka #saat #kompor #meledak

KOMENTAR