Demokrat Ungkap Prabowo Mulai Desain Struktur Kabinet, Parpol Mana yang Paling Banyak Dapat Jatah Menteri?
Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto (tengah) saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Capres-Cawapres Terpilih di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
17:52
4 Mei 2024

Demokrat Ungkap Prabowo Mulai Desain Struktur Kabinet, Parpol Mana yang Paling Banyak Dapat Jatah Menteri?

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, mengungkapkan presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mulai mendesain struktur kabinet pemerintahan yang akan datang.

"Sekarang ini Pak Prabowo nampaknya masih dalam tahap mendesain struktur kabinet. Bagaimana struktur kabinet yang akan datang," kata Andi dalam siaran daring YouTube Trijaya FM, Sabtu (4/5/2024).

Meski demikian Andi memastikan sejauh ini Prabowo belum membahas pembagian kursi di kabinet untuk partai-partai koalisi.

"Belum sampai pada orang-orang, belum juga sampai pada kursi dan sebagainya," ucap Andi.

Lebih lanjut, Andi menyebut partai yang diketuai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah siap jika nantinya diminta untuk mengisi pos-pos di kabinet sesuai dengan kapasitas dan kemampuan.

Andi percaya bahwa Prabowo memiliki kemampuan untuk menyusun komposisi kabinet ke depan.

"Saya rasa Pak Prabowo sudah punya pikiran tentang posisi-posisi tertentu apa yang dibutuhkan mungkin apa namanya, kemampuan kapasitas apa yang dibutuhkan," jelas Andi.

Sebelumnya Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani memastikan nama-nama yang direkomendasikan menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran nanti sangat ahli dan profesional di bidangnya.

"Kami menganggap bahwa tidak ada dikotomi antara profesional dengan orang partai politik," kata Muzani di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Jumat (19/4/2024).

Ia menjelaskan, nantinya orang-orang dari partai politik yang direkomendasikan menjadi menteri Prabowo-Gibran tak akan kalah dengan figur ahli atau profesional.

"Orang partai politik bisa juga menjadi profesional karena sesungguhnya keahlian yang dimiliki oleh orang politik juga tidak kalah ahlinya dengan orang yang di bidang profesi tertentu," tuturnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #demokrat #ungkap #prabowo #mulai #desain #struktur #kabinet #parpol #mana #yang #paling #banyak #dapat #jatah #menteri

KOMENTAR