Motif Pelaku Bunuh Perempuan Dalam Koper Di Bekasi: Mau Gelar Resepsi Nikah, Butuh Uang
Tersangka pelaku pembunuhan mayat dalam koper ditangkap polisi di Kota Palembang, Sumsel. [Tangkapan layar akun IG merekamjakarta]
13:08
2 Mei 2024

Motif Pelaku Bunuh Perempuan Dalam Koper Di Bekasi: Mau Gelar Resepsi Nikah, Butuh Uang

Ahmad Arif Ridwan Nuwloh alias AARN tersangka pembunuh wanita dalam koper berinisial RN (50) yang ditemukan di semak-semak kawasan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ditangkap saat hendak menggelar resepsi pernikahan.

Pria berusia 28 tahun itu ditangkap di Palembang, Sumatera Selatan, pada Rabu (1/5/2024) kemarin. Kasus pembunuhan yang menjerat dirinya ini bikin geger.

Kapolsek Cikarang Barat Kompol Gurnald Patiran mengatakan, tersangka Arif rencananya hendak menggelar resepsi pernikahan di Palembang pada 5 Mei 2024 pekan ini.

: Tertangkap! Pembunuh Wanita dalam Koper di Bekasi, Ternyata Kabur ke Palembang

"Tersangka baru menikah, ijab kobul di bulan Maret dan rencana tanggal 5 Mei besok mau resepsi. Makanya dia ke Palembang mau melaksanakan resepsi," kata Gurnald kepada wartawan, Kamis (2/5/2024).

Penangkapan terhadap Arif dilakukan di rumah keluarga istrinya. Saat ditangkap bahkan istrinya menurut Gurnald berada di lokasi.

"Di rumah keluarga istrinya. Ada istrinya (saat ditangkap)," katanya.

:

Sebelumnya, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Rovan Richard Mahenu mengungkapkan motif Arif membunuh RN diduga karena ekonomi. Sebab tersangka turut membawa kabur uang milik kantornya yang hendak disetor ke bank oleh korban.

Sebelum dibunuh, tersangka Arif juga turut menyetubuhi RN yang merupakan atasannya. Lalu tersangka memasukan jasad korban ke dalam koper hitam untuk kemudian dibuang di kawasan Cikarang Barat.

"Korban sempat disetubuhi, diambil duitnya, duit kantor yang mau disetor ke bank," jelas Rovan.

Hingga kekinian, lanjut Rovan, penyidik masih memeriksa intensif Arif dan mengumpulkan bukti. Pemeriksaan dan pengumpulan barang bukti ini dilakukan untuk memastikan motif di balik peristiwa pembunuhan tersebut.

"Ada motif kebutuhan ekonomi karena pelaku mau menikah. Sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan diperkuat dengan bukti-bukti yang dikumpulkan oleh penyidik," katanya.

Diketahui, jasad RM ditemukan dalam koper yang dibuang di semak-semak kawasan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (25/4/2024) pagi. Jasad RN saat itu ditemukan dengan kondisi tulang tengkorak kepala remuk, bibir pecah dan pendarahan di bagian hidung.

Belakangan terungkap bahwa RM yang merupakan karyawati asal Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat itu tewas dibunuh Arif rekan sekantornya. Polisi juga menemukan bukti rekaman CCTV saat pelaku dan korban check in di salah satu hotel di Bandung.

Kekinian Arif telah dibawa ke Polsek Cikarang Barat. Dia ditangkap di Palembang, Sumatera Selatan oleh tim gabungan Polsek Cikarang Barat, Polres Metro Bekasi, dan Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Rabu (1/5/2024) kemarin.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #motif #pelaku #bunuh #perempuan #dalam #koper #bekasi #gelar #resepsi #nikah #butuh #uang

KOMENTAR