Profil Lengkap Joko Pinurbo, Sastrawan Asal Jawa Barat yang Buat Puisi Jogja Terbuat dari Rindu Pulang dan Angkringan
Joko Pinurbo saat membacakan puisinya dalam salah satu acara. (Instagram/@joko_pinurbo)
11:16
27 April 2024

Profil Lengkap Joko Pinurbo, Sastrawan Asal Jawa Barat yang Buat Puisi Jogja Terbuat dari Rindu Pulang dan Angkringan

Joko Pinurbo dikabarkan meninggal dunia Sabtu (27/4/2024). Pria asal Jawa Barat ini diketahui sudah terbaring di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta dengan kondisi lemah dua hari belakangan.

Kepergiannya menjadi duka mendalam di dunia sastra Indonesia, bagaimana tidak, ratusan puisi melekat dalam di beberapa ingatan masyarakat. Meski ada juga yang kerap mendengar penggalan puisi namun tak kenal bahwa Joko Pinurbo adalah pengarangnya.

Berikut profil lengkap Joko Pinurbo yang meninggalkan ratusan puisi indah di usianya yang ke-62.

Joko Pinurbo sendiri lahir di Sukabumi pada 11 Mei 1962 dengan nama lengkap Philipus Joko Pinurbo. Lebih dikenal dengan panggilan Jokpin, karya yang ia buat memang bersentuhan langsung dengan lingkungan sosial termasuk perenungan dalam kehidupan manusia.

Menikah dengan perempuan bernama Nurnaeni Amperawati Firmina. Dua pasangan ini dikaruniai dua anak bernama Paskasius Wahyu Wibisono dan Maria Azalea Anggraini.

Sastrawan Joko Pinurbo. (Instagram/@joko_pinurbo)Sastrawan Joko Pinurbo. (Instagram/@joko_pinurbo)

Lahir dari keluarga pengajar

Jokpin merupakan anak dari keluarga seorang gurus SD. Masa mudanya memang kerap bersentuhan dengan dunia menulis dan sastra. Ia pun berkuliah di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Memiliki latar belakang keluarga seorang pengajar, Joko Pinurbo juga merupakan dosen. Bahkan pada 1987 ia menjadi dosen favorit mahasiswa di kariernya sebagai pengajar.

Kendati begitu, tantangan untuk seorang pengajar menurutnya tak begitu keras, ia pun beralih menjadi editor di Gramedia dan di umurnya yang mendekati usia senja menekuni dunia sastra dan syair di era 90-an.

Penggalan puisi unik yang membahas Jogja

Karyanya pun mendapat respon positif dari pembaca. Joko Pinurbo memiliki gaya dan permainan kata yang khas di setiap puisinya. Keunikannya adalah penggunaan kata sederhana yang kerap digunakan di kehidupan sehari-hari yang penuh dengan imajinasi manusia.

Contohnya saja ia membuat puisi yang cukup melekat bagi warga Jogja bahkan pelancong yang berlibur ke Kota Pelajar ini. Penggalan puisi 'Jogja terbuat dari rindu, pulang dan angkringan' adalah salah satu karyanya. Sederhana tapi sangat melekat untuk orang-orang yang tinggal di Jogja. 

Punya role model

Terjun ke dunia syair, Jokpin tentu memiliki role model. Nama Goenawan Mohamad dan Sapardi Djoko Damono menjadi inspiratornya untuk melengkapi deretan sastrawan yang ada di Indonesia.

Karya puisinya berjumlah ratusan, bahkan ia debut membuat novel pertamanya berjudul Srimenanti pada 2019. Buku yang penuh dengan keindahan kata-kata yang menceritakan penyair pria dan pelukis perempuan ini cukup melekat.

Selanjutnya buku-buku lainnya juga ia ciptakan termasuk Epigram 60 yang ia terbitkan pada Mei 2022 kemarin.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #profil #lengkap #joko #pinurbo #sastrawan #asal #jawa #barat #yang #buat #puisi #jogja #terbuat #dari #rindu #pulang #angkringan

KOMENTAR