Komplain ke Bea Cukai karena Beli Sepatu Rp 10 Jutaan Kena Bea Masuk Rp 30 Juta, Netizen: Gak Make Sense Banget, Dasar Perhitunganya Apa?
Ilustrasi Petugas Ditjen Bea Cukai. Foto:Dery Ridwansah/ JawaPos.com
18:08
22 April 2024

Komplain ke Bea Cukai karena Beli Sepatu Rp 10 Jutaan Kena Bea Masuk Rp 30 Juta, Netizen: Gak Make Sense Banget, Dasar Perhitunganya Apa?

- Ramai di media sosial, seorang netizen yang mengeluhkan besaran bea masuk yang diterima usai membeli sepasang sepatu olahraga dari luar negeri. Pasalnya, sepatu yang dibeli tersebut senilai Rp 10,3 juta, namun bea masuk yang dikenakan Bea Cukai mencapai Rp 30 juta.   Melalui pengakuannya dalam sebuah video pendek, netizen tersebut mempertanyakan apa dasar Bea Cukai menerapkan bea masuk yang lebih besar daripada harga sepatunya.   "Halo bea cukai gue mau nanya sama kalian, kalian tuh netapin bea masuk itu dasarnya apa ya? Gua kan baru beli sepatu. Gua beli ini sepatu harganya Rp 10,3 juta biaya kirim atau shipping Rp 1,2 juta total Rp 11,5 juta," kata netizen tersebut yang videonya diunggah dalam akun media sosial X, @PartaiSocmed, Senin (22/4).   Pria tersebut menjelaskan, menurut penghitungannya bea masuk yang perlu dibayar seharusnya tidak tembus hingga mencapai Rp 30 juta, melainkan hanya sekitar Rp 5,8 juta. Terlebih, pria tersebut juga mengaku bahwa dirinya telah menghitung menggunakan aplikasi Mobile Bea Cukai.   "Dan kalian tahu bea masuknya berapa? nih Rp 31,8 juta, itu perhitungan dari mana? Kalau based on perhitungan gua, gua itu harusnya bayar sekitar Rp 5,8 juta dan ini juga perhitungan yang gua pake menggunakan aplikasi kalian nih, mobile bea cukai," jelasnya.   Pria tersebut menilai penghitungan Bea Cukai tidak make sense atau tidak masuk akal dan mempertanyakan dasar dari penghitungannya.   "Trus kalian netapin bea masuk atas sepatu gue itu dari mana perhitungannya? Sepatu gue harganya Rp 10 juta kalian kenain bea masuk Rp 30 juta, ya ga make sense banget," ujar pria tersebut.   Bahkan ia juga menyayangkan dengan dasar penghitungan Bea Cukai tersebut. Terlebih, bea masuk yang ditetapkan untuk sepatu olahraganya lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan untuk membelinya.   "Tolonglah bea cukai sekarang mana ada sih bea lebih gede daripada harga barangnya gitu loh, kalian mikir apa kalau ngenain," pungkasnya.

 

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #komplain #cukai #karena #beli #sepatu #jutaan #kena #masuk #juta #netizen #make #sense #banget #dasar #perhitunganya

KOMENTAR