Bung Towel Jangan Geer, Ini Alasan STY Turunkan 7 Pemain Lokal di Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23 di laga melawan Australia U-23 (pssi.org)
14:00
21 April 2024

Bung Towel Jangan Geer, Ini Alasan STY Turunkan 7 Pemain Lokal di Timnas Indonesia U-23


Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengungkap alasan mengapa ia menurunkan 7 pemain lokal di starting eleven Garuda Muda saat mengalahkan Australia 1-0 di matchday kedua grup A Piala Asia U-23 2023.

Menurut Shin Tae-yong, ia memiliki alasan khusus mengapa menurunkan 7 pemain dari klub lokal di starting eleven Timnas Indonesia U-23. Menurut STY, saat ini banyak pemain dari liga lokal yang kualitasnya meningkat.

"Seiring banyaknya pemain yang bermain di Liga Indonesia, skill mereka terus meningkat," ucap Shin seperti dilansir dari Newscj, Minggu (21/4).

  • Komentar Bung Towel usai Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Australia, Ogah Akui Kehebatan Shin Tae-yong

Shin bilang bahwa ia melihat para pemain lokal dan pemain naturalisasi telah menciptakan harmonisasi yang bagus di Timnas Indonesia U-23.

"Hal itu menciptakan harmonisasi yang baik antara pemain lokal dengan mereka yang bermain di luar negeri. Mereka selangkah demi selangkah telah melakukannya," ungkap Shin.

Sebelumnya, pengamat sepak bola Tommy Welly alias Bung Towel kerap berikan kritik pedas terhadap Shin Tae-yong terkait susunan pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

Kritik itu diberikan Bung Towel saat menghadiri acara Talk Show di salah satu televisi swasta, di mana ia membuka tanggapannya dengan menyebut kemenangan ini sudah ia prediksi.

"Semalam saya bilang prediksinya 1-0, walaupun memang situasinya ga mutlak," buka Bung Towel dalam acara tersebut.

"Kenapa bisa menang? Karena pertimbangannya ini tim (Indonesia U-23) pernah main di senior semua," lanjutnya.

Bung Towel menyebut bahwa kemenangan Indonesia U-23 atas Australia tak lepas dari kontribusi pemain lokal yang kerap diremehkan oleh netizen pendukung Timnas Indonesia.

"Kenapa happy? Karena menurut saya kebenarannya jadi terungkap. Kebenarannya? 7 dari yang main (Starting XI) main di Liga 1," kata Bung Towel.

"Belakangan di era Shin Tae-yong ini muncul sentimen 'Local Pride' yang dipelesetin jadi 'Lokal Pret. Muncul sentimen itu"

"Semalam dari Starting XI, 7 (pemain) di antaranya main di Liga 1. Shin Tae-yong kan bilang pemain kita lemah mentalnya, takut kalah sebelum bertanding. Tidak terbukti," lanjutnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #bung #towel #jangan #geer #alasan #turunkan #pemain #lokal #timnas #indonesia

KOMENTAR