PBNU Soal Perang Israel Vs Iran: Kalau Tidak Dihentikan, yang Lain Pasti Ikut-ikutan
Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf. [Suara.com/Rakha]
14:40
18 April 2024

PBNU Soal Perang Israel Vs Iran: Kalau Tidak Dihentikan, yang Lain Pasti Ikut-ikutan

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya merepons konflik bersenjata yang terjadi antara Israel versus Iran.

Gus Yahya mengatakan bahwa PBNU bersama pemerintah sudah meminta agar dilakukan gencatan senjata dalam waktu dekat.

"NU sama dengan pemerintah RI menuntut, mendesak gencatan senjata segera, mendesak dihentikannya kekerasan segera saat ini juga," ujar Gus Yahya di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).

Gus Yahya berpandangan bahwa Perang Israel dengan Iran dimulai dari konflik antara Israel versus Palestina, khususnya yang terjadi di Gaza. Setelahnya, banyak negara yang malah terlibat dalam konflik tersebut.

"Kita tahu bahwa ini mulainya dari di Gaza antara Israel dengan para pejuang Palestina yang menuntut hak di sana, karena berkepanjangan. Lalu lama-lama ada dari Yaman terlibat, kemudian sekarang dari Iran terlibat dan seterusnya," ucap Gus Yahya.

Gus Yahya menerangkan bahwa konflik dibiarkan maka akan menyebar semakin luas. Ia mewanti-wanti negara lain terlibat di konflik Israel vs Iran.

"Karena ini sudah jadi seperti hukum alam kalau konflik dibiarkan, pasti meluas. Jadi ini bukan Syiah atau Sunni. Ini soal konsekuensi dari konflik yang berkepanjangan itu pasti meluas," ungkap Gus Yahya.

"Habis ini, kalau tidak segera dihentikan, setop begitu saja, ini yang lain pasti akan ikut-ikutan," katanya.

Serangan Iran

Sebagai informasi, serangan balasan Iran terhadap Israel dilancarkan pada Sabtu (13/4/2024) malam waktu setempat. Puluhan drone dan rudal Iran menargetkan sejumlah titik di wilayah Israel.

Berdasarkan laporan Tentara Israel, Iran melancarkan serangan drone dan rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Serangan tersebut merupakan ekskalasi perang usai Israel mengebom Kedutaan Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April lalu.

Dilansir dari Alarabiya, pejabat militer Amerika Serikat (AS) mengatakan, pihaknya telah menembak jatuh beberapa drone Iran. Sebelumnya, pihak Gedung Putih juga mengatakan Iran telah memulai serangan udara terhadap Israel dan kemungkinan akan terjadi dalam beberapa jam.

Adapun Pemerintah Iran sempat mengancam akan menyerang balik Israel sebagai pembalasan atas serangan udara yang mematikan pada 1 April 2024.

"Iran meluncurkan UAV dari wilayahnya menuju wilayah negara Israel," kata Juru Bicara Militer Israel Daniel Hagari.

Meski begitu, Hagari mengemukakan pihaknya bersama sekutu terdekatnya telah mencegat serangan drone dan rudal yang diluncurkan Iran.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #pbnu #soal #perang #israel #iran #kalau #tidak #dihentikan #yang #lain #pasti #ikut #ikutan

KOMENTAR