Sebanyak 18.600 Pemudik Masuk ke Jakarta Melalui Stasiun Pasar Senen Selama Arus Balik
Suasana Stasiun Pasar Senen saat arus balik lebaran tahun 2024, Selasa (16/4/2024). [Suara.com/Faqih]
20:24
16 April 2024

Sebanyak 18.600 Pemudik Masuk ke Jakarta Melalui Stasiun Pasar Senen Selama Arus Balik

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengemukakan hingga Selasa (16/4/2024) pemudik yang kembali ke sejumlah stasiun di wilayah operasional Jakarta masih cukup tinggi.

Ixfan mengemukakan masih ada puluhan ribu penumpang yang tiba di sejumlah stasiun yang berada di wilayah Daop 1 Jakarta, yang meliputi Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

"Arus balik pengguna kereta api jarak jauh yang tiba di area Daop 1 masih tinggi, mencapai 47 ribu lebih, sementara keberangkatan berangsur normal," kata Ixfan saat dikonfirmasi Suara.com, Selasa (16/4/2024).

Ixfan mengatakan, dari puluhan ribu penumpang yang melakukan arus balik menggunakan kereta api, mayoritas turun di Stasiun Senen.

Jumlahnya mencapai 18.600 penumpang. Sementara penumpang yang turun di Stasiun Gambir, mencapai 14.400 penumpang.

"5.450 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.350 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” jelas Ixfan.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak dua kali lipat, jika dibandingkan dengan masa normal.

Mengingat terjadi lonjakan penumpang, Ixfan mengaku, pihaknya telah menambah jumlah kursi tunggu yang berada di sekitar stasiun.

“Diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun,” jelasnya,

Keberangkatan

Sebelumnya diberitakan, setelah Hari Raya Idul Fitri, Ixfan mengatakan keberangkatan penumpang di Stasiun Senen tidak sepadat saat menjelang hari raya.

Masyarakat yang berangkat meninggalkan Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen, mencapai 18.500 orang.

"Berangsur normal, namun jika dibandingkan dengan hari-hari biasa masih tergolong tinggi. Secara total terdapat 26.600 pengguna, berangkat dengan jumlah sekitar 18.500 penumpang untuk keberangkatan awal KA dari Stasiun Pasar Senen dan 7.800 penumpang dari Stasiun Gambir," katanya.

"Okupansi penumpang keseluruhan mencapai 71 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Untuk hari ini KA tambahan masih dijalankan, total terdapat 78 KA yang berangkat dimana 38 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 40 KA lainnya berangkat dari Stasiun Gambir," tambahnya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #sebanyak #18600 #pemudik #masuk #jakarta #melalui #stasiun #pasar #senen #selama #arus #balik

KOMENTAR