Puasa Syawal tapi Masih Ada Utang Puasa Ramadhan, Berikut Penjelasan menurut Para Ulama
ILUSTRASI Puasa. (8photo on freepik)
11:40
12 April 2024

Puasa Syawal tapi Masih Ada Utang Puasa Ramadhan, Berikut Penjelasan menurut Para Ulama

 - Puasa Syawal dan membayar utang puasa Ramadhan adalah dua ibadah yang penting dalam Islam. Akan tetapi, seringkali muncul pertanyaan mengenai mana yang harus didahulukan jika seseorang memiliki utang puasa Ramadhan.

Melansir situs Kemenag RI, Jumat (12/4), ada pembahasan terkait prioritas antara puasa Syawal dan membayar utang puasa Ramadhan, serta pandangan ulama mengenai hal ini.

Puasa Syawal VS Utang Puasa Ramadhan

Ibadah puasa Syawal adalah amalan sunah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Rasulullah SAW dalam sebuah hadis menyebutkan bahwa ibadah ini setara dengan berpuasa sepanjang tahun. Di sisi lain, membayar utang puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Utang ini karena adanya hari-hari puasa yang belum dikerjakan karena alasan tertentu seperti sakit atau haid.

Dalam hal ini Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 185, "Maka siapa di antara kalian ada yang hadir (di bulan itu), maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu."

Dalil dan Pandangan Ulama

Ullama memiliki beragam pandangan mengenai prioritas antara puasa Syawal dan membayar utang puasa Ramadhan. Mayoritas ulama sepakat bahwa membayar utang puasa Ramadhan memiliki prioritas lebih tinggi daripada puasa sunnah, termasuk puasa Syawal.

Pendapat ini karena membayar utang puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang harus diselesaikan sesegera mungkin. Sementara itu, puasa sunnah bersifat tambahan dan tidak memiliki batas waktu tertentu sepanjang dilakukan masih dalam Bulan Syawal.

1. Dalil Mendahulukan UtangPuasa

Sebagian ulama mendukung pendapat bahwa utang puasa Ramadhan harus didahulukan berdasarkan dalil yang jelas dari Al-Qur'an dan hadis Rasulullah SAW.

Mereka berargumen bahwa kewajiban yang sudah ada harus diselesaikan sebelum melakukan amalan sunnah.

2. Prioritas Keselamatan

Membayar utang puasa Ramadhan merupakan bagian dari kewajiban yang berkaitan langsung dengan ibadah wajib. Oleh karena itu, prioritas harus diberikan untuk menyelesaikan kewajiban yang berkaitan dengan keselamatan agama.

3. Pahala Membayar Utang Puasa

Ada pandangan bahwa pahala membayar utang puasa Ramadhan lebih besar daripada puasa sunnah. Hal ini karena utang puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang tertunda yang harus diselesaikan secepat mungkin.

4. Penyakit dan Keterbatasan

Jika seseorang memiliki alasan yang sah sehingga tidak berpuasa selama Ramadhan, maka prioritasnya adalah untuk membayar utang puasa tersebut sebelum menjalankan puasa sunnah lainnya. Meskipun puasa Syawal memiliki keutamaan yang besar, namun membayar utang puasa Ramadhan memiliki prioritas yang lebih tinggi dalam Islam.

Ini karena membayar utang puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang harus diselesaikan sesegera mungkin, sedangkan puasa Syawal bersifat sunnah.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #puasa #syawal #tapi #masih #utang #puasa #ramadhan #berikut #penjelasan #menurut #para #ulama

KOMENTAR