260 Ribu Jemaah Diprediksi Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Begini Persiapan Pengelola
Ilustrasi Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. [Antara/Andika Wahyu]
20:28
9 April 2024

260 Ribu Jemaah Diprediksi Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Begini Persiapan Pengelola

Pihak pengelola Masjid Istiqlal memprediksi akan ada ratusan ribu jemaah yang mengikuti Salat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah. Untuk itu, disiapkan sejumlah tempat parkir demi menampung kendaraan jemaah yang datang.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan, kapasitas maksimum Istiqlal sendiri bisa mencapai 260 ribu jemaah.

"Pengalaman yang lalu kalau dimaksimumkan, Istiqlal ini bisa menampung sekitar 260 ribu jamah. Kalau kita pakai yang bawah dengan lapangan yang ada, itu bisa lebih dari itu. Nah jadi kita juga sudah antisipasi," ujar Nasaruddin dalam konferensi pers di Masjid Istiqlal, Selasa (9/4/2024).

Untuk parkir kendaraan, Istiqlal usai renovasi sudah memiliki basement yang bisa menampung kendaraan. Bahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan pemilik gedung sekitar Istiqlal sampe ke kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Parkirnya itu bisa ditaruh di bawah kurang lebih 1.000 mobil di basement dua lantai, dan selebihnya itu kita persiapkan antisipasi sampai parkirnya di sekitar Monas dan seterusnya," jelasnya.

"Kemudian juga kami sudah berkomunikasi dengan katedral, kita juga pakai tempat parkirnya dan kantor-kantor yang memiliki space parkir di sini," ucapnya menambahkan.

Kemudian, Nasaruddin mengatakan pihaknya menyediakan parkir khusus untuk VVIP. Sebab, Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Wapres Maruf Amin, para menteri, hingga duta besar negara sahabat juga akan salat di masjid ini.

"Kita di depan ini ada khusus untuk parkir VVIP, kemudian khusus untuk tamu-tamu kita dari Kementerian Agama itu parkirnya di tempat parkir Kementerian Agama," paparnya.

Lebih lanjut, ia meminta agar masyarakat datang ke Istiqlal lebih awal demi menghindari penumpukan saat masuk ke masjid. Apalagi, nantinya akan ada pemeriksaan sesuai protokol keamanan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) lantaran Presiden Jokowi dan jajarannya akan ikut salat di Istiqlal.

"Maka dari itu, bagusnya kalau tidak datang sekaligus, misalnya jam 06.00 WIB start dari rumah, itu pasti akan numpuk," pungkasnya.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #ribu #jemaah #diprediksi #salat #idul #fitri #masjid #istiqlal #begini #persiapan #pengelola

KOMENTAR