Polri Hentikan One Way dari Cikampek Kalikangkung, Jam 12.00 Lalu Lintas Kembali Normal
Kendaraan dengan sistem one way melintas di Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
11:16
9 April 2024

Polri Hentikan One Way dari Cikampek Kalikangkung, Jam 12.00 Lalu Lintas Kembali Normal

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memutuskan menghentikan rekayasa lalu lintas berupa one way dari KM 72 Gerbang Tol Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung. Sehingga kendaraan dari arah Kalikangkung menuju Jakarta sudah bisa menggunakan jalan tol kembali.   "Jam 12 normal 2 arah," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Juanedi saat dikonfirmasi JawaPos.com, Selasa (9/4).   Eddy mengatakan, sterilisasi jalan tengah dilakukan oleh petugas di lapangan. Setelah selesai, maka jalur ke arah Jakarta akan kembali dibuka untuk kendaraan dari Jawa Tengah.  

  "Ini masih pembersihan untuk normalisasi," jelas Eddy.   Sebelumnhya, Korlantas Polri memutuskan memperpanjang masa penerapan sistem rekayasa lalu lintas berupa wne way dari KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 Tol Kalikangkung. Sejatinya kebijakan inu akan diakhiri pada Senin (8/4) pukul 00.00 WIB.    Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, angka kendaraan yang melintas masih menunjukkan adanya peningkatan namun belum secara signifikan. Oleh karena itu, untuk memastikan lalu lintas tetap lancar, one way tetap diberlakukan.   "Pukul 23.00 kami tadi melaksanakan penghitungan sama teman-teman dari jasa marga terutama dari 7 traffic counting yang tersebar mulai dari kilometer 73 sampai ke 71. Jadi 3 jam berturut-turut dari mulai jam 20.00, 21.00, 22.00 ini ada peningkatan yang signifikan untuk arus lalu lintas yang menuju ke trans Jawa arah timur," kata Aan.  

  "Berdasarkan hal-hal tersebut yang semula dijadwalkan tanggal 7 April 2024 ini kita jadwalkan pukul 24.00 untuk rekayasa lalu lintas one way dan seterusnya dihentikan, namun mengingat data-data tadi untuk kegiatan rekayasa lalu lintas menuju ke timur ini kita akan teruskan, lanjutkan, sampai dengan nanti kita evaluasi besok kita evaluasi," sambungnya.   Selain itu, Aan menyebut, data harian kendaraan yang menuju ke arah timur masih berkisar di angka 130-135 ribu. Sehingga masih terlihat peningkatan meskipun stagnan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #polri #hentikan #dari #cikampek #kalikangkung #1200 #lalu #lintas #kembali #normal

KOMENTAR