Tegaskan Jatah Ketua DPR RI 2024-2029 Milik PDIP, Hasto Sebut Puan Maharani Bakal Ditunjuk Lagi
PDIP bakal kembali menunjuk Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI. ANTARA/HO-DPR.
10:48
8 April 2024

Tegaskan Jatah Ketua DPR RI 2024-2029 Milik PDIP, Hasto Sebut Puan Maharani Bakal Ditunjuk Lagi

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, kembali menegaskan jatah kursi ketua DPR RI bakal kembali menjadi milik partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri. Hal ini merupakan ketentuan dalam Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3).

Menurutnya regulasi itu tak perlu diubah lantaran sudah sesuai dengan sistem proporsional berdasarkan raihan suara dalam Pemilu Legislatif (Pileg). Diketahui, PDIP kembali menjadi partai pemenang Pemilu 2024.

"Terkait dengan posisi ketua DPR RI tentu saja kalau berdasarkan Undang-Undang MD3 telah menegaskan sebagai penghormatan dan juga sistem proporsional yang bekerja untuk Pemilu maka PDIP mendapat tempat untuk ketua DPR RI," ujar Hasto di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (8/4/2024).

Lebih lanjut, Hasto pun menyebut pihaknya akan kembali menunjuk Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI selanjutnya.

Artinya, ini akan jadi kedua kalinya bagi Puan setelah memimpin parlemen Senayan pada periode 2019-2024 saat ini.

"Berdasarkan proses yang dilakukan Mba Puan merupakan ketua DPR, selanjutnya sesuai dengan arahan dari Ibu Ketum ibu Megawati Soekarnoputri," jelasnya.

Puan, kata Hasto, dipilih lagi karena dianggap sebagai kader unggulan PDIP. Apalagi, putri Megawati itu juga sudah pernah mengisi berbagai posisi di legislatif dan eksekutif.

"Sebagai partai yang terus menggembleng kader, Mba Puan mampu menampilkan kepemimpinan yang baik. Pengalaman di internal partai, pengalaman sebagai Menko PMK, maupun juga lima tahun sebagai ketua DPR RI," pungkasnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #tegaskan #jatah #ketua #2024 #2029 #milik #pdip #hasto #sebut #puan #maharani #bakal #ditunjuk #lagi

KOMENTAR