Jalan Tol Ruas Trans Jawa Ruas Brebes-Semarang Gelap Gulita, Pemudik Diimbau untuk Waspada
Kondisi jalan tol ruas Brebes-Semarang, Jawa Tengah kilometer 281- kilometer 288 yang gelap tanpa lampu penerangan jalan, Minggu (7/4) malam. (M Riezko Bima Elko Prasetyo/Antara)
10:08
8 April 2024

Jalan Tol Ruas Trans Jawa Ruas Brebes-Semarang Gelap Gulita, Pemudik Diimbau untuk Waspada

– Suasana di Jalan Tol Trans Jawa ruas Brebes-Semarang, Jawa Tengah yang gelap tanpa lampu penerangan pada sejumlah lokasi membuat para pemudik lebaran diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Dilansir dari Antara, berdasarkan pantauan pada Minggu (7/4) malam, suasana gelap tanpa sinar penerangan lampu itu didapati sesaat setelah melintas masuk melewati Gerbang Tol (GT) Brebes Timur hingga kilometer 277.

Lalu, saat melintas mulai dari kilometer 281-kilometer 282 dan kilometer 288 hingga seterusnya sampai pintu ke luar Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, suasana gelap gulita akan kembali terjadi.

Terlihat hanya sinar pantulan ‘mata kucing’ marka jalan yang jadi pemandu utama para pemudik. Sementara lampu penerang jalan banyak ditemui di sejumlah kawasan rest area maupun gerbang tol yang ada di sepanjang jalan tol Trans Jawa ruas Brebes-Semarang tersebut.

Salah satu pemudik asal Bandung, Agus, 46, mengaku bahwa dia beberapa kali dikejutkan dengan kendaraan di depan yang berhenti ataupun memperlambat laju secara tiba-tiba.

Hal itu terjadi karena dengan kondisi tersebut, jarak pandang ke mobil di depan menjadi terbatas sehingga membuat para sopir harus benar-benar menjaga konsentrasi.

“Ya kalau mobil itu stop lamp-nya menyala kita bisa lihat, tak sedikit lampu belakangnya mati, kalo enggak hati-hati betul bisa ketabrak,” ungkapnya.

Walau demikian, Agus menyatakan perjalanannya melintasi jalan tol Trans Jawa via GT Brebes Timur berlangsung lancar seiring diberlakukan nya sistem satu arah atau one way.

Selain itu, banyaknya petugas kepolisian bersama jasa marga yang bersiaga di bahu-bahu jalan tol membuat perjalanan terasa aman.

Di sisi lain, Kepala Posko Pengamanan Terpadu Kalikangkung, AKP Sujid mengatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi terkait kondisi sejumlah ruas jalan yang tidak memiliki lampu penerangan jalan itu dengan menyiagakan petugas tim penyisir dari kepolisian dan jasa marga.

Tim penyisir tersebut akan memandu atau menolong dan memindahkan kendaraan yang mengalami kendala sesegera mungkin ke bahu jalan sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

“Semua potensi yang ada sejauh ini sudah diantisipasi secara maksimal, apalagi saat ini diberlakukan one way,” katanya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #jalan #ruas #trans #jawa #ruas #brebes #semarang #gelap #gulita #pemudik #diimbau #untuk #waspada

KOMENTAR