Modus Tawuran Berubah, Dari Saur On The Road menjadi Takjil On The Road
ILUSTRASI: Video tawuran antar remaja yang viral di media sosial X. / Sumber : X (@ScariestProject)
07:40
8 April 2024

Modus Tawuran Berubah, Dari Saur On The Road menjadi Takjil On The Road

- Polda Metro Jaya menemukan fenomena baru yang menjadi modus tawuran kalangan pelajar. Mereka kini memanfaatkan waktu bagi-bagi takjil agar bisa mencari musuh tawuran.   "Fenomena pemuda atau pelajar melakukan konvoi di sore hari adalah mereka mencoba mengalihkan kegiatan yang dulu dikenal dengan Sahur On The Road (SOTR) karena dilarang dan sering dilakukan operasi kepolisian, sekarang mereka mencoba mengalihkannya dengan Takjil On The Road (TOTR)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Senin (8/4).   "Pelakunya alumni pelajar dan yang jadi korbannya adalah pelajar dengan modus bagi-bagi takjil, tapi ternyata mereka melakukan konvoi sampai bertemu kelompok lain kemudian terjadi pergesekan antar kelompok konvoi tersebut," imbuhnya.   

  Mengantisipasi peristiwa tersebut terulang, Polda Metro Jaya telah memerintahkan kepada jajaran di wilayah melalukan patroli dan pengawasan selma periode libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Bila menemukan kegiatan konvoi kendaraan, diminta segera melaporkan kepada satuan.   Petugas juga harus rutin turun ke masyarakat memberikan edukasi keselamatan berkendara. Kemudian mendata rumah kosong dan melaksanakan patroli di masing-masing wilayah.   Menindaklanjuti maklumat Kapolda Metro Jaya terkait dengan melarang pergerakan massa yaitu konvoi takbir keliling. Melaksanakan Patroli dan pengawasan wilayah- wilayah yang dianggap rawan dan menjadi lokasi favorit bagi pelaku tawuran dengan cara memberikan himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas.  

  Petugas juga harus melaksankan langkah-langkah pencegahan dengan melakukan penindakan pelaku tawuran yang menyebabkan orang lain terluka atau meninggal dunia.    Apabila terlanjur terjadi tawuran, agar segera menangkap semua pelaku dan memproses sesuai dengan aturan hukum. Bila ditemukan oknum pelajar, maka harus segera memanggil kedua orang tua walinya serta memberitahukan ke pihak sekolah.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #modus #tawuran #berubah #dari #saur #road #menjadi #takjil #road

KOMENTAR