Tiket Pelabuhan Merak Ludes Pemudik Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan, Bisa Beli Tiket Manual
Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim (tengah) memberi keterangan kepada awak media. [Yandi Sofyan/Suara.com]
13:52
7 April 2024

Tiket Pelabuhan Merak Ludes Pemudik Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan, Bisa Beli Tiket Manual

Para pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat mulai menyeberang ke Sumatra melalui Pelabuhan Ciwandan atau Pelindo Banten di Ciwandan, Kota Cilegon, Minggu (7/4/2024) dini hari.

Mereka merupakan pemudik yang tidak kebagian tiket Pelabuhan Merak baik di Deramaga Eksekutif maupun reguler. Seperti diketahui, tiket Pelabuhan Merak pada periode 6 hingga 8 April 2024 telah ludes terjual.

Karenanya Polda Banten, Pemprov Banten dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak mengeluarkan kebijakan untuk membuka layanan penjualan tiket secara manual bagi para pemudik roda empat yang tidak kebagian tiket.

"Bagi pemudik yang belum memiliki tiket tetap akan dilayani, jadi pemudik kan itu biasanya dia berangkat tidak membeli tiket terlebih dahulu, begitu sampai di sini (Pelabuhan Merak), ternyata tiket habis," kata Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim kepada awak media di Pelabuhan Merak, Sabtu (6/4/2024) malam.

"Kita sepakat, jadi pemudik yang sudah jalan, sudah berada di buffer zona yang belum memiliki tiket kita berikan pelayanan penjualan tiket manual. Namun berangkatnya itu tidak di Pelabuhan Merak, tapi nanti melalui Pelabuhan Ciwandan," imbuhnya.

Meski demikian, Abdul Karim menghimbau para pemudik dari Pulau Jawa hendak ke Pulau Sumatera untuk tidak memaksakan melakukan perjalanan ke Pelabuhan Merak sampai tanggal 8 April 2024.

"Bagi pemudik yang masih di rumah yang belum melakukan perjalanan ke Merak, yang belum memiliki tiket, sebaiknya jangan dulu ke Pelabuhan Merak," imbaunya.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Ciwandan sekitar pukul 05.00 WIB, tampak kendaraan roda empat pemudik mulai memenuhi area pelabuhan.

Usai melakukan scanning tiket, kendaraan roda empat itu pun langsung mengarah ke dermaga untuk masuk ke dalam kapal yang akan membawa mereka menyeberang ke Pulau Sumatra.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #tiket #pelabuhan #merak #ludes #pemudik #dialihkan #pelabuhan #ciwandan #bisa #beli #tiket #manual

KOMENTAR