Sudah Jadi Tradisi, Water Salute akan Digelar untuk Sambut Penerbangan Perdana di Bandara Dhoho Kediri
Bandara ditutup lebih awal untuk persiapan jelang beroperasi pada 5 April nanti, Donny Novanto Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I. (Foto: Wahyu Adji/JPRK)
13:16
4 April 2024

Sudah Jadi Tradisi, Water Salute akan Digelar untuk Sambut Penerbangan Perdana di Bandara Dhoho Kediri

 

   - Inaugural flight di Bandara Dhoho Kediri akan digelar pada Jumat (5/4) besok. Sesuai tradisi, pelaksanaan water salute juga akan dilaksanakan jelang operasional perdana.   Sebagai informasi, tradisi water salute adalah tradisi penghormatan terhadap pesawat yang mendarat pertama di bandara baru atau terbang terakhir kalinya, dengan menyemprotkan air di sisi kanan dan kiri pesawat secara bersamaan.   Berdasarkan pantauan Radar Kediri pada Rabu (3/4) siang, ada beberapa unit mobil petugas pemadam kebakaran yang diduga disiapkan untuk penyemprotan air pada tradisi water salute.   Untuk Bandara Dhoho, pesawat yang mendarat pertama kali lah yang akan mendapat sambutan tradisi water salute yang merupakan perwujudan upacara penghormatan.   Menurut rencana, Pesawat Airbus A320 dari maskapai Citilink yang dijadwalkan mendarat di Bandara Dhoho sekitar pukul 09.40 pada Jumat (4/4), menjadi pesawat pertama yang melakukan first landing di bandara ini.   Maka dari itu, pesawat Citilink tersebut akan menjadi pesawat yang mendapat kehormatan untuk menjalani tradisi water salute.   Citilink Airbus A320 terbang dari Jakarta (CGK), dan dijadwalkan akan ditumpangi oleh sejumlah pejabat, antara lain Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung Wibowo, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, dan sejumlah pejabat dari Kabupaten Kediri.  

    Selain persiapan pelaksanaan water salute, sejumlah persiapan lain juga dilakukan di dalam bandara tersebut. Maka dari itu, Bandara Dhoho tutup lebih awal pukul 15.30, sedangkan sebelumnya baru tutup pukul 17.00.    “Bandara ditutup lebih awal untuk persiapan jelang beroperasi pada 5 April nanti,” ujar Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura (AP) 1, Donny Novanto seperti dikutip dari Radar Kediri.   Inaugural flight merupakan tonggak penting dalam beroperasinya Bandara Dhoho Kediri karena setelah itu, Citilink dijadwalkan melakukan penerbangan reguler dua kali dalam seminggu dari bandara ini, yaitu setiap Selasa dan Sabtu.   Penerbangan hari Selasa akan diawali keberangkatan dari Jakarta pukul 08.40 dan tiba di Kediri pada pukul 10.10. Sedangkan perjalanan dari Kediri diberangkatkan pukul 10.50 dan tiba di Jakarta pukul 12.20.   Lalu penerbangan hari Sabtu juga diawali keberangkatan dari Jakarta pukul 05.50 dan tiba di Bandara Dhoho pukul 07.20.   Sedangkan rute sebaliknya dari Kediri-Jakarta, akan berangkat pukul 08.00 dan tiba di Jakarta pukul 09.30.   Selain maskapai Citilink, rencananya ada dua maskapai lain yang sudah mendapat izin terbang di Bandara Dhoho yaitu Super Air Jet dan Batik Air.   

  Izin rute dua maskapai tersebut sudah didapatkan sejak awal tahun ini. Batik Air mendapat persetujuan rute penerbangan Kediri-Jakarta (CGK-DHX), Kediri-Bali (DHX-DPS), dan Kediri-Palembang (DHX-PLM).   Sementara itu, Super Air Jet mendapat persetujuan lima rute penerbangan, yaitu, Kediri-Banjarmasin (BDJ-DHX), Kediri-Balikpapan (BPN-DHX), Kediri-Makassar (UPG-DHX), Kediri-Bali (DPS-DHX), dan Kediri-Palembang (PLM-DHX).    Meskipun demikian, kedua maskapai tersebut belum merilis jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Dhoho Kediri.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sudah #jadi #tradisi #water #salute #akan #digelar #untuk #sambut #penerbangan #perdana #bandara #dhoho #kediri

KOMENTAR