Cuan Jelang Lebaran, Jasa Tukar Uang Baru di Terminal Kalideres Raup Keuntungan Rp 500 Ribu Sehari!
Lamriah (57) seorang penyedia Jasa penukaran uang baru di Terminal Kalideres saat ditemui pada Rabu (3/4/2024). (ANTARA/Risky Syukur)
03:32
4 April 2024

Cuan Jelang Lebaran, Jasa Tukar Uang Baru di Terminal Kalideres Raup Keuntungan Rp 500 Ribu Sehari!

Menjelang hari raya Idul Fitri banyak masyarakat yang berburu uang pecahan rupiah baru. Uang itu nantinya kebanyakan digunakan untuk diberikan pada keluarga, khusnya anak-anak.

Penyedia jasa penukaran uang baru musiman di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, bernama Lamriah (57) mengaku mendapatkan keuntungan rata-rata hingga Rp 500 ribu dalam sehari.

"Kalau hari ini tadi (hingga jam 15.20 WIB) udah terjual Rp 2 juta. Kalau keuntungannya sehari itu bisa ada sampai Rp 500 ribu," kata Lamriah saat sedang berkeliling menawarkan jasa penukaran uang barunya, di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (3/4/2024).

Lamriah terus berkeliling menawarkan jasa tukar uang. Di genggamannya, Lamriah memegang sejumlah uang mulai dari pecahan Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu hingga Rp20 ribu yang dikelompokkan sesuai dengan pecahan masing-masing dalam bungkus plastik berwarna bening.

Setiap bungkus uang berjumlah Rp100 ribu, ia menjualnya kembali dengan harga Rp115 ribu per bungkus.

"Ini satu bungkus isinya Rp 100 ribu, kita jual Rp 115 ribu," kata Lamriah.

Ia bersama dengan penyedia jasa penukaran uang baru lainnya berkeliling terminal, dari satu penumpang ke penumpang lainnya untuk menawarkan jasa mereka.

Warga uang tunai baru yang ditukarnya di layanan kas keliling Bank Indonesia di Pasar Tebet Barat Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]Warga uang tunai baru yang ditukarnya di layanan kas keliling Bank Indonesia di Pasar Tebet Barat Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Lamriah mengaku telah menekuni bisnis tersebut selama bertahun-tahun setiap kali menjelang lebaran.

"Sudah lama saya bisnis tukar uang begini. Kalau setiap kali lebaran ya bisnis begini," kata Lamriah menceritakan cara dirinya mencari nafkah.

Mengingat bisnis yang cukup menggiurkan ini hanya ramai pada momen lebaran, Lamriah mengaku biasanya berjualan pakaian.

"Kalau lagi enggak lebaran, saya biasanya jualan baju," katanya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #cuan #jelang #lebaran #jasa #tukar #uang #baru #terminal #kalideres #raup #keuntungan #ribu #sehari

KOMENTAR