Menpora Dito Luncurkan Klub Berkawan, Wadah Cendikiawan Muda Jadi Habibie-Habibie Baru
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo meluncurkan program Klub Bertemu Kaum Cendikiawan (Berkawan). (IST)
21:16
29 Maret 2024

Menpora Dito Luncurkan Klub Berkawan, Wadah Cendikiawan Muda Jadi Habibie-Habibie Baru

- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo meluncurkan program Klub Bertemu Kaum Cendikiawan (Berkawan). Klub itu dibentuk untuk memfasilitasi cendekiawan muda agar dapat berkembang menjadi seperti Presiden ketiga RI Habibie yang menjadi simbol orang cerdas di Indonesia. 

Pria yang akrab disapa Dito itu meluncurkan Klub Berkawan di The Habibie & Ainun Library, Jakarta.    “Kenapa saya memilih The Habibie & Ainun Library untuk tempat kick off Klub Berkawan? Karena Kemenpora berharap program ini bisa melahirkan Habibie-Habibie baru yang akan memegang peran penting untuk masa depan Indonesia,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (29/3).  

  Ia menjelaskan, Klub Berkawan akan menjadi wadah untuk para cendekiawan muda dan para minoritas kreatif agar melahirkan gagasan baru dari generasi muda.    “Melalui program Klub Berkawan, kami menyediakan wadah bagi para cendekiawan muda, para minoritas kreatif untuk berdebat gagasan, melahiran konsep-konsep keren yang bisa bermanfaat untuk masyarakat,” jelas Dito   Politisi Golkar itu menegaskan komitmen untuk memberikan ruang seluas-luasnya kepada pemuda. Ia berharap, pemuda bisa berkontribusi banyak untuk Republik Indonesia.    “Mewakili Kemenpora RI, saya siap berkomitmen untuk mengawal dan memberi ruang yang luas kepada seluruh cendekiawan muda Indonesia untuk berkontribusi di berbagai sektor strategis nasional,” ucapnya.   “Saya membayangkan, melalui program ini kita bisa menciptakan masa Renaisans atau pencerahan baru di Indonesia, di mana para cendekiawan muda mampu memperkuat pilar-pilar kebangsaan, kenegaraan, dan keindonesiaan kita,” sambung Dito.    Ia menyebut bahwa sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia adalah sejarah pergerakan kaum cendekiawan.    “Mulai dari Tjokroaminoto, Soekarno, Hatta, Sjahrir, Tan Malaka, Natsir dan tokoh bangsa lainnya. Mereka berbeda pandangan, sering berdebat, tapi punya mimpi yang sama untuk Indonesia Raga,” katanya.   Dalam peluncuran Klub Berkawan ini, beberapa tokoh dan narasumber hadir dalam diskusi, seperti Inisiator Kelas Isolasi, Syarif Maulana; Staf Khusus Presiden Angkie Yudistira; Ketua Dewan TIK Nasional Ilham Habibie; Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.    Selain itu, hadir juga komika Anggi Wahyudi; Inisiator Think Policy Andhyta F Utami; Atlet Bulu Tangkis Jonatan Christie ; Director of Public Policy Pijar Foundation Cazadira Fadiva Tamzil; dan Tim Staf Khusus Kemenpora, Akbar Restu Fauzi.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #menpora #dito #luncurkan #klub #berkawan #wadah #cendikiawan #muda #jadi #habibie #habibie #baru

KOMENTAR