Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Anies Mendadak Pamer Fasilitas JIS: Lebih dari Sekadar Stadion Bola
Capres nomor urut satu, Anies Baswedan usai mengikuti sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:52
27 Maret 2024

Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Anies Mendadak Pamer Fasilitas JIS: Lebih dari Sekadar Stadion Bola

Anies Baswedan mendadak membanggakan salah satu mahakaryanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Yang dimaksud adalah Jakarta International Stadium atau JIS.

Rasa bangga atas terbangunnya JIS ini diungkapkan oleh Anies di akun Instagram resminya, @aniesbaswedan. Menurutnya, JIS bukan merupakan stadion sepak bola biasa.

"Jakarta International Stadium, lebih dari sekadar stadion bola," tulis Anies dalam caption Instagram seperti dikutip Suara.com, Rabu (27/3/2024).

Anies menjelaskan bahwa JIS merupakan simbol harapan baru bagi Indonesia, khususnya dalam melahirkan prestasi-prestasi di tingkat dunia.

Selain itu, lanjut Anies, JIS jiga merupakan penggerak ekonomi, sekaligus menjadi ruang persatuan bagi warga Tanah Air maupun warga dunia.

"JIS menjadi harapan baru bagi kita semua untuk lahirnya prestasi-prestasi kelas dunia, menjadi motor penggerak ekonomi kawasan utara Jakarta," tuturnya.

"(JIS juga) menjadi ruang persatuan, di mana kita bisa merasakan kemajuan, kebanggaan, kebersamaan, dan kesetaraan bagi warga Jakarta, warga Indonesia dan warga dunia," pungkas Anies Baswedan.

Anies sendiri turut membagikan ilustrasi animasi menarik yang menggabarkan JIS. Video animasi JIS itu merupakan hasil karya seorang warganet dengan nama akun @/fairy_ley.

"Jakarta International Stadium, fasilitas olahraga bertafar internasional sejak 2004, kita di Jakarta belum memiliki stadion yang representatif. Alhamdulilah penantian menemukan ujungnya, dibangun oleh putra putri bangsa, dibangun untuk multi event. Bisa menjadi tempat kegiatan budaya, keagamaan, sosial komersial, kesenian dan lain-lain," demikian kata-kata Anies dalam video animasi tersebut.

Anies pun menjelaskan bahwa JIS juga dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Termasuk dia sudah menyiapkan rumah susun ramah lingkungan bagi warga setempat.

"(JIS) harus menjadi motor penggerak peningkatan kesejahteraan bagi lingkungan sekitarnya. Mereka yang tinggal di sekitar Jakarta International Stadium ini disiapkan rumah susun urban farming. Mereka tetap bisa menjalankan profesinya sebagai petani," terang Anies.

"Selain tempat olahraga juga ada ruang terbuka, ada hunian, ada tempat usaha, nanti ada waduk, stasiun persis di samping JIS. Jadi datangnya ke JIS itu tidak menggunakan kendaraan pribadi, bahkan tempat parkir yang tersedia tidak lebih dari 500," lanjutnya.

Capres 2024 ini juga memamerkan konsep pembangunan JIS yang didesain dengan budaya lokal, termasuk memiliki nuansa Betawi. Ditambah atap JIS juga bisa dibuka dan ditutup, sesuai keperluan stadion.

"Lalu tentang konsep pembangunannya, Desainnya bernuansa betawi mencerminkan arsitektur budaya lokal yang ada di Jakarta dirancang sebagai bangunan ramah lingkungan. Green building standar platinum," papar Anies.

"Ada tempat konservasi air agar airnya bisa digunakan kembali. Di atapnya ada panel surya, jadi atapnya itu ada retractable roof: bisa dibuka, bisa ditutup. bisa digunakan dalam kondisi cuaca apapun," tandasnya.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #angin #hujan #anies #mendadak #pamer #fasilitas #lebih #dari #sekadar #stadion #bola

KOMENTAR