Dari Akun Kimberlybeauty88, Perputaran Uang dari Hasil Jual Skincare Ilegal di Toko Online Mencapai Rp 2,2 Miliar
Kepala BPOM Taruna Ikrar dalam konferensi pers menyampaikan soal pengungkapan toko online jual skincare ilegal di Jakarta, Senin (28/10). (Foto: Humas BPOM)
15:32
28 Oktober 2024

Dari Akun Kimberlybeauty88, Perputaran Uang dari Hasil Jual Skincare Ilegal di Toko Online Mencapai Rp 2,2 Miliar

- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengejar lebih dalam lagi transaksi atas penjualan skincare ilegal di toko online. Kepala BPOM Taruna Ikrar mengatakan, pelaku menjual skincare ilegal di platform online. Setiap harinya pelaku bisa menjual 400 paket.

Diketahui skincare ilegal itu bermerek Lameila dan SVMY. Nama akun tokonya di platform online yakni "Kimberlybeauty88". Skincare ilegal itu mengandung bahan pewarna yang dilarang karena menyebabkan kanker kulit dan kanker hati.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap saksi-saksi, kapasitas penjualan online kurang lebih 400 paket kiriman per hari," ujar Taruna Ikrar kepada wartawan, Senin (28/10).

"Jadi 400 x 30 yaitu sebulan bisa berarti 12.000 paket per bulan. Jadi kalau per tahun bisa dibayangkan lagi," sambungnya.

Adapun nilai perputaran uang dari hasil penjualan skincare ilegal itu mencapai Rp 2,2 miliar. "Kita ingin mengejar yang selebihnya," pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kasus ini PPNS BPOM bersama TNI dan Polri turut mengamankan seorang pelaku berinisial FS, 25, di lokasi penggerebekan.

Penggerudukan toko online skincare di Jakarta Barat ini dilakukan pada Kamis (24/10) di dua lokasi. Yakni, di di Jalan Jelambar Utama dan Taman Duta Mas Blok A3/24, Jelambar Baru, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Pelaku menjual skincare ilegal dengan nama akun "Kimberlybeauty88" di platform penjualan online di Indonesia.

Pelaku melanggar Pasal 435 jo. Pasal 138 ayat (2) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. "Dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak Rp 5 miliar," pungkas Taruna.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #dari #akun #kimberlybeauty88 #perputaran #uang #dari #hasil #jual #skincare #ilegal #toko #online #mencapai #miliar

KOMENTAR