Rano Karno Janjikan SPBU Apung untuk Warga Kepulauan Seribu
Rano Karno (kanan) menyalami Ridwan Kamil di debat kedua Pilkada DKI Jakarta di Beach City Int. Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (27/10/2024). (Hanung Hambara/Jawa Pos)
08:40
28 Oktober 2024

Rano Karno Janjikan SPBU Apung untuk Warga Kepulauan Seribu

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Rano Karno akan kembali membangun SPBU terapung di Kepulauan Seribu. Langkah ini sebagai upaya mengatasi permasalahan transportasi antar pulau.   Hal itu diungkapkan Rano menanggapi jawaban calon Gubernur nomor urut 2 Dharma Porengkun dalam debat kedua Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta terkait permasalahan air bersih dan transportasi laut di Kepulauan Seribu.   Sebelumnya, Rano mengungkapkan bahwa dirinya telah menyambangi dua pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Bidadari dan Ujung Jawa. Ia mendapatkan aspirasi tentang warga Kepulauan Seribu memiliki permasalahan terkait transportasi laut dan air bersih.  

  Menurut Rano, permasalahan utama warga Kepulauan Seribu adalah sulitnya mendapatkan solar untuk menggunakan alat transportasi antar pulau.   "Jadi bagaimana bisa mereka bisa menggunakan alat transportasinya kalau solarnya tidak ada," kata Rano.   "Kalau kami besok menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur yang dibilang SPBU akan kami bangun kembali SPBU apung," ucap Rano.   Sedangkan terkait air bersih, Rano mengungkapkan bahwa ia pernah memberdayakan warga Bayah di Banten untuk menanam rumput laut.   

  Untuk diketahui, budi daya rumput laut bisa menjadi sumber air bersih bagi masyarakat pesisir melalui pengeringan rumput laut dengan model solar tunnel drying atau pengeringan matahari.   Kadar air rumput laut segar sekitar 90-95%. Penguapan air 55 - 60 persen untuk mendapatkan rumput laut kering dengan kadar 35 persen membantu masyarakat pesisir mendapatkan sumber air bersih untuk masak dan minum.   "Masalah air bersih itu saya paham tentang rumput laut karena kebetulan di daerah Bayah Saya pernah menanam rumput laut," pungkas Rano.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #rano #karno #janjikan #spbu #apung #untuk #warga #kepulauan #seribu

KOMENTAR