Profil Brigjen Nurul Azizah, Polwan Pertama yang Pernah jadi Jubir Mabes dan Danup Kenaikan Pangkat 4 Jenderal Polri
Nurul Azizah (DOK. NURUL AZIZAH)
13:56
1 Maret 2024

Profil Brigjen Nurul Azizah, Polwan Pertama yang Pernah jadi Jubir Mabes dan Danup Kenaikan Pangkat 4 Jenderal Polri

 

 

 

- Ada pemandangan tidak biasa di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri Jakarta Selatan pada Senin, 27 Februari 2024. Ada Pati Polri perempuan yang tiba-tiba menjadi Komandan Upacara (Danup) kenaikan pangkat empat pati yang dipimpin Wakapolri Komjen Agus Andrianto.

Perempuan itu adalah Brigjen Pol Nurul Azizah. Mantan Juru Bicara Polri ini dengan luwes menjalankan tugas sebagai Danup, tak kalah dengan keliahan para perwira laki-laki lainnya.    Dari awal upacara sampai dengan selesai dijalankan oleh Nurul tanpa kesalahan. Upacara pun berakhir dengan kenaikan pangkat 4 pati Polri.   Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, penunjukan Nurul sebagai Danup merupakan kesetaraan gender di lingkungan Polri. Di mana perwira perempuan juga bisa berprestasi layaknya perwira laki-laki.
  “Danup Korps Raport Pati Polri pada hari ini yakni Brigjen Pol Nurul Azizah. Ini adalah bentuk komitmen Polri mewujudkan kesetaraan,” kata Trunoyudo.    Setelah ditelusuri, Nurul sendiri memiliki prestasi cukup baik selama di Polri. Dia bahkan berhasil menjadi Pati Polri, meskipu bukan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol).   Perempuan kelahiran 5 November 1972 di Semarang, Jawa Tengah ini diketahui juga menjadi polwan pertama yang dipercaya menjadi juru bicara Mabes Polri. Kini Nurul menjabat sebagai Direktur Program (Dirprog) Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri.   Perjalanan karir Nurul di Korps Bhayangkara dimulai dari kursus Dasba Operator Komputer Hankam pada. Dua tahun berselang dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan D3 di Ilmu Kepolisian dan lulus pada 1997.   Pada 1998, Nurul melanjutkan pendidikan di Setukpa Polwan. Dia berhasil lulus dengan kenaikan pangkat menjadi Letnan Dua. Dia lalu melanjutkan pendidikan S1 di Sekolah Ilmu Kepolisian dan S2 di Universitas Indonesia. Terakhir pendidikannya adalah berhasil lulus S3 di Universita Negeri Jakarta pada 2017.  

  Setelah serangkaian pengabdiannya di Polri, Nurul akhirnya dikenal publik pada 2022 setelah ditunjuk menjabat sebagai Kabag Penum Divisi Humas Polri. Saat itu pangkatnya sudah Komisaris Besar (Kombes).   Dianggap berhasil menjadi juru bicara Polri, pimpinan kemudian mempromosikannya menjadi Direktur Program (Dirprog) Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri. Sekaligus penanda dia menjadi Jenderal Polisi bintang satu atau Brigadir Jenderal.    

Editor: Kuswandi

Tag:  #profil #brigjen #nurul #azizah #polwan #pertama #yang #pernah #jadi #jubir #mabes #danup #kenaikan #pangkat #jenderal #polri

KOMENTAR