Gelar C-XLENCE 2024, Ratusan Siswa Kanisius Sajikan Karya Ilmiah dan Penelitian Terbaru
Siswa Kolese Kanisius Jakarta kembali menggelar Canisius Exhibition of Learning Experience (C-XLENCE) 2024.
19:08
29 Pebruari 2024

Gelar C-XLENCE 2024, Ratusan Siswa Kanisius Sajikan Karya Ilmiah dan Penelitian Terbaru

 

Siswa Kolese Kanisius Jakarta kembali menggelar Canisius Exhibition of Learning Experience (C-XLENCE) 2024. Acara ini menampilkan presentasi ilmiah dan ekshibisi karya ilmiah serta jurnal ilmiah yang telah dikerjakan oleh para siswa kelas IX dan XII selama satu semester.

Dalam acara yang digelar selama seminggu ini para siswa mempresentasikan hasil penelitian mereka kepada guru bahasa dan guru materi. Mereka juga berkesempatan untuk memamerkan karya-karya mereka melalui aplikasi C-XLENCE yang dapat diunduh oleh seluruh peserta didik Kolese Kanisius dan pihak lain.

Tidak kurang dari 440 siswa terlibat dalam kegiatan ini. Mereka terbagi dalam 54 kelompok dan siswa kelas XII membentuk 86 kelompok. Setiap kelompok, yang terdiri dari tiga hingga empat siswa, didampingi oleh seorang guru materi dan seorang guru bahasa. Bidang penelitian yang digarap mencakup sains, humaniora, dan bahkan matematika.

Direktur Kolese Kanisius Thomas Gunawan Wibowo mengatakan, para Kanisian dalam kegiatan ini diajak untuk mengembangkan kemampuan intelektual sekaligus keterampilan berkomunikasi. Sebab kemampuan intelektual penting untuk menyelesaikan penelitian, sementara keterampilan berkomunikasi diperlukan saat mempresentasikan penelitiannya di depan para penguji dengan baik. 

"Ini juga sekaligus memberikan kesempatan untuk belajar secara personal maupun kelompok, serta berkolaborasi agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain," ujar Thomas dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Kamis (29/2).

Acara ini juga dihadiri oleh lebih dari 1300 siswa kelas VII, VIII, X, dan XI dari Kolese Kanisius dan sekolah-sekolah lain di Jakarta. Acara ini juga disiarkan secara daring melalui kanal Youtube Kolese Kanisius.

Thomas juga menjelaskan, proses penyusunan research paper bagi para siswa merupakan cerminan dari upaya dalam menyelami dua aspek penting, yaitu aspek akademik dan spiritualitas hidup. 

"Para Kanisian harus terus menggali pengetahuan dengan cermat, bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik, sambil menjalankan proses pengamatan dan eksperimen dengan penuh kesabaran. Selain itu, mereka juga mampu untuk mengevaluasi dan memperbaiki situasi ketika penelitian yang dilakukan belum berhasil," jelasnya.

Karena itu Thomas berharap, Canisius Exhibition of Learning Experience 2024 bisa menjadi pembuktian komitmen Kolese Kanisius dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendorong siswa untuk mengembangkan kreativitas, keberanian berpikir, dan kemampuan berkomunikasi mereka, sambil memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat.

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #gelar #xlence #2024 #ratusan #siswa #kanisius #sajikan #karya #ilmiah #penelitian #terbaru

KOMENTAR