Surya Paloh Tak Diberi Tahu soal AHY Jadi Menteri ATR/BPN: Jokowi Diam-diam Saja
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat ditemui di Kantor DPW Partai NasDem Bali, Selasa (23/1/2024) [Suara.com/Putu Yonata Udawananda]
19:56
23 Pebruari 2024

Surya Paloh Tak Diberi Tahu soal AHY Jadi Menteri ATR/BPN: Jokowi Diam-diam Saja

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengaku tidak diberitahu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri ATR/BPN.

Padahal, Paloh dan Jokowi bertemu di Istana pada Minggu (18/2/2024). Tiga hari berselang pada Rabu (21/2/2024), AHY dilantik di Istana oleh Jokowi sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Kemarin Pak Jokowi masih merahasiakan itu sama saya," ucap Paloh di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Paloh mengatakan Jokowi sama sekali tidak menyinggung tentang pelantikan AHY ketika bertemu di Istana.

"Jokowi diam-diam saja, masa saya tanya," kata Paloh.

Sebelumnya, Paloh mengucapkan selamat kepada AHY dan Demokrat yang kini sudah resmi menjadi bagian kabinet Jokowi.

"Saya ucapkan selamat," ujar Paloh kepada wartawan.

Paloh mengatakan bahwa reshuffle kabinet sepenuhnya hak dari Jokowi. Ia tidak ingin banyak berkomentar terkait hal tersebut.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersiap menandatangani berita acara pelantikannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A].Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersiap menandatangani berita acara pelantikannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A].

"Itu hak prerogatif presiden, konsistensi kita kan itu hak prerogatif presiden. Mau ngangkat siapa, latar belakangnya apa," ucap Paloh.

Sebagai informasi, perwakilan Partai Demokrat yang mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 akhirnya kebagian jatah menteri di kabinet Jokowi.

AHY resmi dilantik menjadi Menteri ATR/BPN oleh Jokowi di Istana Negara, Rabu (21/2/2024).

Ketum Partai Demokrat itu menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang digeser menjadi Menko Polhukam. Setelah resmi dilantik, AHY dan Hadi Tjahjanto mengucap sumpah jabatan di depan Jokowi.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #surya #paloh #diberi #tahu #soal #jadi #menteri #atrbpn #jokowi #diam #diam #saja

KOMENTAR