Alasan Jokowi Pilih Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD
Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto resmi dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Presiden Joko Widodo ungkap alasan pilih Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam. 
12:31
21 Pebruari 2024

Alasan Jokowi Pilih Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD

- Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto resmi dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024) pagi. 

Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) itu, menggantikan Mahfud MD yang sebelumnya telah mengundurkan diri dari kabinet Jokowi. 

Jabatan Menko Polhukam sempat dijabat oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Jokowi menilai Hadi adalah sosok yang tepat untuk mengisi kursi Menko Polhukam lantaran berkaca dari pengalamannya selama ini. 

Sebagai seorang mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto dinilai mampu mengemban tugas di bidang politik, hukum dan keamanan. 

"Saya kira, Pak Menko Polhukam beliau dulu Panglima, untuk mengatasi hal tentang politik, hukum dan keamanan sangat siap," kata Jokowi kepada wartawan usai pelantikan, Rabu (21/2/2024). 

Lebih lanjut, Jokowi mengaku sudah memberikan PR bagi Hadi usai resmi dilantik hari ini. 

"Saya sudah pesan beberapa hal yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban, juga berkaitan dengan dukungan terhadap investasi yang akan masuk di Indonesia," ujarnya. 

Sebagai informasi, posisi Hadi digantikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga dilantik hari ini. 

Sejumlah pejabat dari menteri sampai pimpinan lembaga legislatif menghadiri pelantikan Hadi Tjahjanto dan AHY pagi tadi.

Diantaranya Wakil Presiden Maruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Selain itu hadir juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco, Wakil Ketua MPR Sjarifuffin Hasan, Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Di sisi lain, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak hadir dalam pelantikan anak sulungnya itu.

Wasekjen Partai Demokrat, Ossy Dermawan mengungkap alasan SBY absen dalam acara pelantikan AHY dan Hadi sebagai menteri.

Menurutu Ossy, SBY baru tiba di kediamannya setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Bapak SBY sendiri tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Ossy, Rabu (21/2/2024).

Profil Hadi Tjahjanto

Marsekal (Purn) TNI Hadi Tjahjanto merupakan pria kelahiran Malang, 8 November 1963.

Hadi Tjahjanto berasal dari keluarga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

Ia memilii ayah berpangkat Kopral, dengan pangkat terakhir Sersan Mayor.

Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Beberapa jabatan penting di TNI pernah diduduki Hadi Tjahjanto.

Ia pernah menjadi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah pada tahun 2010-2011.

Kemudian pada tahun 2011-2013, ia menjabat sebagai Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Tahun 2013-2015, Hadi mengemban amanat sebagai Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau).

Pada tahun 2016, ia menduduki posisi Danlanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Hadi juga dipercaya menjadi Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2015-2016 dan Irjen Kementerian Pertahanan pada Oktober 2016.

Pada tahun 2017, Hadi menjadi Panglima TNI ke-20 dan menjabat dari tahun 2017 sampai 2021.

Ia diangkat sebagai pimpinan tertinggi TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Karier setelah Pensiun TNI 

Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) 2022. Adapun kegiatan berupa UMKM Expo dan digelar di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat. Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) 2022. Adapun kegiatan berupa UMKM Expo dan digelar di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat. (ist)

Setelah pensiun dari TNI akhir November 2021, Hadi Tjahjanto ditunjuk Jokowi sebagai Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022.

Pada Rabu 15 Juni 2022,  Jokowi melakukan reshuffle kabinet dan melantik Hadi Tjahjanto sebagai menteri ATR/BPN menggantikan posisi Sofyan Djalill.

Sebagai mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto dinilai oleh Presiden sebagai orang yang teliti dalam kerja lapangan sehingga diyakini mampu menyelesaikan masalah pertanahan dan tata ruang di Tanah Air.

Kini, pada 2024 Hadi ditunjuk menjadi Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD yang kini tengah berjuang di Pilpres 2024 sebagai calon wakil presiden Ganjar Pranowo. 

(Tribunnews.com/Milani Resti) (TribunnewsWiki.com/Dinar Fitra Maghiszha)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #alasan #jokowi #pilih #hadi #tjahjanto #jadi #menko #polhukam #gantikan #mahfud

KOMENTAR