Profil Pratikno, Tak Tersentuh Reshuffle 10 Tahun di Era Jokowi, Kini Diangkat Presiden Prabowo sebagai Menko PMK
Pratikno  usai mengikuti pembekalan di Padepokan Garuda Yaksa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). (Miftahul Hayat/ Jawa Pos)
11:32
21 Oktober 2024

Profil Pratikno, Tak Tersentuh Reshuffle 10 Tahun di Era Jokowi, Kini Diangkat Presiden Prabowo sebagai Menko PMK

      - Praktikno menjadi salah satu menteri era Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dipertahankan oleh Presiden Prabowo Subianto. Kini dia mengembang tugas sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).  

  Pratikno sendiri merupakan menteri yang tidak terafiliasi dengan partai politik. Dia besar sebagai seorang akademisi sebelum terjun ke dunia politik.   Pria kelahiran 13 Februari 1962 di Bojonegoro, Jawa Timur itu, dulu merupakan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Ia juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM. Pada Pilpres 2009 silam, ia mendapat kepercayaan KPU untuk menjadi salah satu pemandu debat calon presiden.   Pratikno menghabiskan masa kecilnya di Bojonegoro. Memasuki masa kuliah, dia merantau ke Jogjakarta dan masuk UGM menempuh pendidikan S1 Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.   Pada jenjang S2, Pratikno menempuh pendidikan Development Administration, Birmingham University, Inggris, dan S3 pada Political Science, Flinders University, Australia.   Setelah malang melintang di UGM hingga menjadi rektor UGM, Pratikno banting setir ke politik. Dia mulai menjabat Menteri Sekretaris Negara saat Jokowi pertama kali menjadi presiden pada 2014 lalu. Memasuki periode kedua Jokowi, Pratikno masih dipercaya menjabat posisi yang sama. Artinya, Pratikno menjadi Mensesneg selama 10 tahun, terhitung dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2024.   Sebelumnya, Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan susunan jajaran menteri yang akan membantu masa pemerintahannya, pada 5 tahun mendatang. Kabinet pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu bernama, Kabinet Merah Putih.   Pengumuman kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (20/10) malam. Prabowo didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.   "Setelah saya dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024, malam harinya saya akan umumkan kabinet pemerintah Republik Indonesia periode 2024-2029," kata Prabowo saat mengumumkan susunan kabinet.   Total ada 48 menteri dalam kabinet ini. Selain itu, terdapat 56 wakil menteri dalam Kabinet Merah Putih. (*)    

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #profil #pratikno #tersentuh #reshuffle #tahun #jokowi #kini #diangkat #presiden #prabowo #sebagai #menko

KOMENTAR