Siap-Siap Bawa Jas Hujan, BMKG Prakirakan Cuaca di Sebagian Besar Indonesia Hujan Ringan
Ilustrasi hujan. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
07:08
21 Oktober 2024

Siap-Siap Bawa Jas Hujan, BMKG Prakirakan Cuaca di Sebagian Besar Indonesia Hujan Ringan

–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada Senin (21/10).

”Untuk wilayah Sumatera, Kota Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, dan juga Kota Medan diprediksi berawan hingga berawan tebal,” kata Prakirawan Idhan Abubakar dalam saluran Youtube BMKG seperti dilansir dari Antara di Jakarta, Senin (21/10).

Sedangkan untuk Kota Tanjung Pinang diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Cuaca di Kota Jambi, Bengkulu, dan Kota Lampung diprediksi berawan tebal.

Sementara itu, untuk Kota Palembang dan Kota Pangkal Pinang diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

”Sedangkan untuk Kota Bandung, Semarang, Jogjakarta, dan Kota Surabaya, diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan,” ujar Idhan Abubakar.

Untuk wilayah Bali dan juga Nusa Tenggara, cuaca di Kota Denpasar dan Kota Kupang diprediksi akan berawan hingga berawan tebal. Sedangkan cuaca di Kota Mataram diprediksi hujan dengan intensitas ringan.

Beralih ke wilayah Kalimantan, cuaca di Kota Palangkaraya dan Banjarmasin diprediksi hujan dengan intensitas ringan. ”Waspada potensi petir untuk Kota Pontianak serta waspada hujan yang dapat disertai petir atau kilat di Kota Tanjung Selor dan Kota Samarinda,” terang Idhan Abubakar.

Untuk wilayah Sulawesi, cuaca di Kota Manado dan Kota Kendari diprediksi berawan hingga berawan tebal. Kemudian cuaca di Kota Gorontalo dan Kota Makassar diprediksi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan untuk Kota Mamuju dan Palu diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Untuk wilayah Maluku dan Papua, cuaca di Kota Ternate dan Kota Merauke diprediksi cerah berawan hingga berawan. Cuaca di Kota Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Jayawijaya diprediksi hujan dengan intensitas ringan. Untuk Kota Nabire, diprediksi hujan dengan intensitas sedang.

”Waspadai potensi petir untuk Kota Ambon,” ucap Idhan Abubakar.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #siap #siap #bawa #hujan #bmkg #prakirakan #cuaca #sebagian #besar #indonesia #hujan #ringan

KOMENTAR