Cerita Prabowo Soal RI Pernah Tak Punya APBN: Petani dan Nelayan yang Kasih Makan Pejuang Kemerdekaan
Presiden Prabowo Subianto, bercerita soal kondisi RI yang pernah tak punya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (Ist)
17:24
20 Oktober 2024

Cerita Prabowo Soal RI Pernah Tak Punya APBN: Petani dan Nelayan yang Kasih Makan Pejuang Kemerdekaan

  - Presiden Prabowo Subianto, bercerita soal kondisi RI yang pernah tak punya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dalam kondisi itu, petani dan nelayan berperan penting karena memberi makan para pejuang kemerdekaan.   "Janganlah kita lupa, waktu kita perang kemerdekaan kita tidak punya anggaran APBN, pasukan kita tidak digaji, siapa yang memberi makan kepada kita? yang memberi makan adalah para petani di desa-desa, para nelayan, para pekerja, terus menerus mereka yang mendirikan RI," kata Prabowo dalam pidato kenegaraan pertamanya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10).   Lebih lanjut, Prabowo mengaku siap menghadapi segala tantangan dan rintangan yang akan datang di masa pemerintahannya. Bahkan, ia mengaku bahwa tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia kini tidaklah ringan karena berkaitan dengan dinamika global.  

  Namun ia merasa optimis lantaran Indonesia memiliki banyak sumber daya alam hingga mineral yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain itu pula, berdasarkan catatan sejarah Indonesia telah berhasil melewati tantangan berupa perang untuk mencapai kemerdekaan.   "Saya selalu mengajak saudara-saudara sebangsa dan setanah air untuk menjadi bangsa yang berani, bangsa yang tidak takut tantangan, bangsa yang tidak takut rintangan, bangsa yang tidak takut ancaman," jelas Prabowo.   "Sesungguhnya sejarah kita adalah sejarah dengan penuh kepahlawanan penuh pengorbanan penuh keberanian tidak hanya pemimpin-pemimpin, tetapi keberanian rakyat kita menghadapi segala tantangan bahkan invasi-invasi dari bangsa lain," sambungnya.   Bahkan, Ketua Umum Partai Gerindra ini juga menyadari bahwa kemerdekaan yang kini dirasa bukanlah satu hadiah. Tetapi, merupakan buah dari keberanian dan pengorbanan besar dalam menghadapi tantangan dan rintangan dari invasi bangsa lain.   Pada pemerintahannya ke depan, dirinya berjanji akan terus mengabdikan diri kepada rakyat, termasuk mereka yang miskin alias wong cilik. Pasalnya, merekalah yang dulu telah memberi makan para pejuang kemerdekaan.   "Kita paham dan mengerti bahwa kemerdekaan kita bukan hadiah. Kemerdekaan kita kita dapat dengan pengorbanan yang sangat besar. Dan kita harus paham dan ingat selalu pengorbanan yang paling besar adalah pengorbanan dari rakyat kita yang paling miskin, wong cilik, yang berjuang, yang memberi makan kepada pejuang-pejuang," ujar Prabowo.   "Kami akan menjalankan kepemimpinan pemerintah RI kepemimpinan negara dan bangsa Indonensia dengan tulus dengan mengutamakan kepentingan seluruh rakyat Indonesia, termasuk mereka yang tidak memilih kami. Kami akan mengutamakan kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia di atas segala golongan apalagi kepentingan pribadi kami," pungkasnya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #cerita #prabowo #soal #pernah #punya #apbn #petani #nelayan #yang #kasih #makan #pejuang #kemerdekaan

KOMENTAR