Menanti Pidato Perdana Prabowo Sebagai Kepala Negara, Pelantikan Presiden Besok Dimulai Jam 10 Pagi
Istana Kepresidenan di Jakarta tampak bersolek pada Kamis (17/10/2024), menjelang pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024. 
08:04
19 Oktober 2024

Menanti Pidato Perdana Prabowo Sebagai Kepala Negara, Pelantikan Presiden Besok Dimulai Jam 10 Pagi

- Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Siti Fauziah membeberkan rangkaian acara pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2024) besok. 
 
Siti mengatakan acara pelantikan itu akan dimulai sekira pukul 10.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Setelahnya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani akan menyampaikan pidatonya yang disambung penyerahan Surat Keputusan (SK) Presiden dan Wakil Presiden terpilih. 

"Kemudian pengucapan janji, sumpah oleh Presiden terpilih, lalu Wakil Presiden terpilih, lalu sudah itu pimpinan MPR menandatangani berita acara," ucap Siti Fauziah kepada Tribunnews, Kamis (17/10/2024).

Setelah itu Prabowo akan menyampaikan pidato perdananya sebagai kepala negara yang akan didampingi oleh Gibran sebagai Wakil Presiden. 

Kemudian acara akan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penutupan sidang yang dipimpin Ahmad Muzani.
 
Muzani yang juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra menjelaskan, setelah acara pelantikan di Gedung MPR/DPR, Prabowo dan Gibran akan langsung menuju ke Istana Negara, Jakarta. 

Jokowi direncanakan berangkat ke gedung MPR/DPR dari Istana Jakarta. 

Ia kemudian akan kembali lebih dulu dari Gedung MPR/DPR ke Istana untuk menyambut Prabowo

Jokowi direncanakan kembali dari Gedung MPR/DPR ke Istana sekitar 11.30 WIB.
 
"Rangkaian (acara) sama dengan lima tahun lalu. Tidak ada perubahan (dari zaman Jokowi)," ucap Muzani saat memberikan undangan pelantikan ke Wakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla di kawasan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2024).


 
Di Istana Negara jadwal sertijab dari Jokowi kepada Prabowo direncanakan sekitar pukul 12.00 WIB. 

Namun jadwal ini masih tentatif karena hingga kemarin belum ada jadwal resmi dari pihak Istana. 

Kemudian setelah sertijab, Jokowi dijadwalkan pulang ke Solo dengan naik pesawat komersil dari Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 15.00 WIB.
 
Prabowo dan Gibran sendiri rencananya akan diarak oleh para relawannya dari Gedung MPR/DPR menuju ke Istana Negara. 

Suasana gladi kotor Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Ruang Rapat Paripurna I Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2024). Gladi tersebut melibatkan seluruh unsur terkait, termasuk pasukan pengamanan, tim protokol, dan para pejabat negara, guna memastikan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berjalan lancar dan sesuai rencana pada Minggu (20/10) mendatang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN Suasana gladi kotor Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Ruang Rapat Paripurna I Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2024). Gladi tersebut melibatkan seluruh unsur terkait, termasuk pasukan pengamanan, tim protokol, dan para pejabat negara, guna memastikan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berjalan lancar dan sesuai rencana pada Minggu (20/10) mendatang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Arak-arakan ini juga akan dilakukan saat prosesi pengantaran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
 
Hingga kemarin belum dipastikan acara apa yang akan dilakukan di Istana Negara. 

Namun, pihak Istana Negara sudah mulai bersolek dengan mengganti lantai hingga memoles marmer yang ada Pembersihan juga dilakukan di tembok-tembok gedung oleh petugas kebersihan dengan cara dikikir.
 
Selain itu, nantinya di sepanjang jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin akan didirikan 13 panggung hiburan rakyat yang digelar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan akan diisi sejumlah publik figur. 

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi yakni pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB, dan 14.00 WIB.

Adapun untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, aparat gabungan TNI-Polri hingga Pemerintah Daerah (Pemda) Jakarta juga sudah mempersiapkan skema pengamanan pada hari pelantikan tersebut. 

Total, akan ada 6.757 aparat gabungan akan disiagakan dan disebar ke beberapa titik untuk mengamankan jalannya rangkaian acara.
 
Penyebaran dilakukan di sejumlah titik meliputi kawasan Monas, DPR, Jalan Sudirman-Thamrin, 12 Stasiun MRT, tujuh stasiun hingga objek akomodasi para pejabat yang merupakan tamu-tamu negara.
 
Bila dirinci 6.757 personel itu terdiri dari 4.100 personel Satuan Tugas (Satgas) Polda Metro Jaya, 1.667 personel gabungan Satgas Polres jajaran Polda Metro Jaya, 857 Satgas Polres Jakarta Pusat, kemudian 133 personel BKO dari Pemda.
 
"Yang menjadi sasaran pengamanan meliputi orang yaitu Presiden dan Wakil Presiden, Tamu undangan Kepala Negara lain, Kendaraan VIP dan VVIP dan area DPR/MPR RI, rute yang dilalui Presiden dan Wakil Presiden, serta Obyek Vital," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi.
 
Dalam hal ini, pihak kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait adanya kegiatan tersebut. Untuk itu, masyarakat pun diminta untuk mencari alternatif jika mempunyai kegiatan di kawasan itu meski rekayasa lalu lintas masih bersifat situasional.

Istana Bersolek Sambut Prabowo

Menjelang pergantian Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober besok, Istana Kepresidenan Jakarta juga ikut bersolek. 

Sejumlah petugas kebersihan tampak mengepel lobi depan Istana Negara Jakarta, Jalan Veteran. Beberapa lantai marmer yang rusak juga diganti.

Selain itu dalam beberapa hari terakhir tampak keluar masuk sejumlah pekerja dengan helm proyek ke dalam Istana. 

Pantauan Tribunnews, sejumlah bangunan yang tampak dirombak yakni Kantor Presiden. 

Sejumlah bahan bangunan tampak berada di depan kantor presiden tempat Jokowi memimpin rapat terbatas.

Berdasarkan informasi yang diterima, interior bangunan di Istana akan dirombak. 

Meja oval yang biasa digunakan Presiden untuk rapat posisinya akan diubah. 

Belum lagi sejumlah ornamen dan lukisan yang berada di dalamnya juga sebagian akan diganti. 

Perombakan tersebut diharuskan selesai pada 19 Oktober 2024 atau satu hari menjelang Prabowo Subianto resmi menempati Istana.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan Istana ikut bersolek menyambut pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden. 

Selayaknya rumah dalam menyambut hari besar keagamaan, Istana juga berbenah agar terlihat lebih indah dipandang.

"Ya pasti ada satu proses rehabilitasi ya, rehab ya. Supaya wajah Istana makin kinclong gitu lah. Hal-hal yang perlu diperbaiki akan diperbaiki menjelang presiden baru. Itu biasa ya, kalau lebaran aja kita bersih-bersih rumah gitu kan. Bahkan membuat catnya dibuat lebih baru," katanya. 

"Karena ini bagian dari selebrasi dan penghormatan kita pada presiden baru yang akan datang," imbuhnya.(tribun network/abd/fik/dod)

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #menanti #pidato #perdana #prabowo #sebagai #kepala #negara #pelantikan #presiden #besok #dimulai #pagi

KOMENTAR