Profil Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti Yang Diminta Prabowo Bantu Bidang Infrastruktur di Kabinet
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kiri) bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti. (Diskominfo Kota Medan/Antara)
19:08
15 Oktober 2024

Profil Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti Yang Diminta Prabowo Bantu Bidang Infrastruktur di Kabinet

- Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti ke kediamannya Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

Usai bertemu Prabowo, Diana kepada awka media mengaku diminta untuk membantu Pemerintahan ke depan. “Saya diminta untuk membantu beliau di dalam pemerintahannya beliau saat ini,” kata Diana.

Soal posisi jabatan yang akan diembannya nanti, Diana enggan untuk menjawab. Dia memastikan soal jabatan menjadi ranah Prabowo.

Meski begitu, Diana menyebut bahwa jabatan yang akan diembannya nanti masih berkaitan dengan infrastruktur. “Posisinya besok aja ya, jangan sekarang. Ya, terkait dengan infrastruktur,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Diana Kusumastuti resmi dilantik sebagai Dirjen Cipta Karya pada Selasa, 22 Desember 2020 lalu. Diana merupakan perempuan kelahiran Surakarta tahun 1967.

Dia mendapat gelar Sarjana Arsitektur dari Universitas Diponegoro, Semarang, pada 1991. Lantas melanjutkan studi di level S-2 denga meraih gelar Magister Teknik Studi Pembangunan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2004.

Diana juga menjabat sebagai Komisaris Perseroan sejak ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-19/MBU/01/2023 pada 31 Januari 2023.

Selama menjabat sebagai Dirjen Cipta Karya, dia telah menjalankan sejumlah tugas utama. Seperti merumuskan dan menyelenggarakan kebijakan sistem penyediaan air minum, pengelolaan air limbah domestik, pengelolaan drainase lingkungan, dan pengelolaan persampahan.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #profil #dirjen #cipta #karya #kementerian #pupr #diana #kusumastuti #yang #diminta #prabowo #bantu #bidang #infrastruktur #kabinet

KOMENTAR