4 Peraih Adhi Makayasa Sudah Menghadap Prabowo di Kertanegara, Masuk Kabinet Prabowo-Gibran?
Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyampaikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
10:56
15 Oktober 2024

4 Peraih Adhi Makayasa Sudah Menghadap Prabowo di Kertanegara, Masuk Kabinet Prabowo-Gibran?

 

- Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil 49 tokoh ke kediamannya di bilangan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin malam (15/10).

Di antara puluhan nama tersebut, beberapa diantaranya pernah berdinas sebagai personel TNI. Bahkan empat orang yang dipanggil oleh Prabowo tercatat sebagai lulusan terbaik atau peraih adhi makayasa. Siapa saja mereka?

  1. Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra

Herindra merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir letnan jenderal (letjen) TNI. Dia lahir pada 1964 di Magelang, Jawa Tengah. Dia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987. Saat menuntaskan studi di Akmil, Herindra dinobatkan sebagai lulusan terbaik atau sebagai peraih adhi makayasa. Herindra memulai karirnya di TNI dengan bergabung ke pasukan khusus TNI AD, Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Pertemuan pertama Herindra dengan Prabowo terjadi di Kopassus. Karirnya sebagai prajurit Angkatan Darat juga sebagian besar dihabiskan sebagai personel Kopassus.

Herindra pernah menjadi komandan peleton, komandan unit, komandan tim, komandan batalyon, sampai komandan jenderal (danjen) di Kopassus. Di luar Kopassus, Herindra juga menduduki sejumlah jabatan strategis lainnya. 

  1. Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto

Donny tercatat sebagai peraih adhi makayasa 1988. Dia menjadi lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) yang kemudian ditarik oleh Prabowo untuk membantunya bertugas di Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Di TNI AU, Donny bukan prajurit sembarangan.  Donny merupakan salah seorang penerbang tempur alias fighter di Angkatan Udara.

Karirnya bersama TNI AU juga terbilang lengkap. Bukan hanya sebagai penerbang tempur, Donny pernah menjadi komandan Skadron Udara 15, komandan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Iswahjudi, hing panglima Komando Operasi Angkatan Udara II. 



  1. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Agus merupakan lulus terbaik Akademi Militer (Akmil) 2000. Tak hanya menyandang adhi makayasa, saat menuntaskan pendidikan sebagai taruna Akmil, Agus juga mendapat penghargaan Tri Sakti Wiratama.

Karirnya di TNI memang berhenti saat dirinya menyandang pangkat mayor atau perwira menengah dengan satu kembang di pundak, namun karir politiknya melesat hebat. 

Tak hanya memimpin Partai Demokrat sebagai ketua umum, AHY kini diberi kepercayaan sebagai menteri ATR/kepala BPN. Dia juga sudah diundang oleh Prabowo dan besar kemungkinan kembali mendapat kepercayaan menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Meski masih tergolong muda, Agus punya prestasi gemilang. Baik saat berdinas di TNI maupun setelah memutuskan pensiun dari dinas militer. 

  1. Iftitah Sulaiman Suryanegara 

Berdinas selama 20 tahun di TNI (1999-2019), Iftitah mengakhiri karirnya di militer dengan pangkat terakhir letnan kolonel. Dia tercatat sebagai peraih adhi makayasa atau lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1999.

Berbeda dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berkarir sebagai prajurit infanteri, Iftitah merupakan prajurit dengan latar belakang kavaleri. Dia pernah menjadi komandan peleton tank, komandan kompi tank, hingga komandan batalyon kavaleri. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #peraih #adhi #makayasa #sudah #menghadap #prabowo #kertanegara #masuk #kabinet #prabowo #gibran

KOMENTAR