Jelang Lengser, Jokowi Kunker 5 Hari: Resmikan Istana Negara hingga Jajal Kembali Bandara IKN
Kolase foto Jokowi dan IKN. [Ist]
12:20
10 Oktober 2024

Jelang Lengser, Jokowi Kunker 5 Hari: Resmikan Istana Negara hingga Jajal Kembali Bandara IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap melakukan rangkaian kunjungan kerja menjelang masa akhir jabatannya sebagai kepala negara. Besok, Jokowi dijadwalkan terbang menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi kemungkinan akan melakukan kunker mulai 11-15 Oktober 2024.

"Ya ada beberapa lokasi IKN. Hari Minggu kembali, dan Senin mungkin ada jadwal lagi sampai tanggal 15," kata Heru di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Heru memastikan Jokowi tetap berkegiatan seperti biasa kendati dalam waktu dekat bakal purna tugas.

Baca Juga: Bukan Cuci Tangan! Jokowi Serahkan Nasib IKN ke Prabowo, Ini Alasannya

"Ya kan dia sampai tanggal 20 menjabat sebagai presiden," ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan salah satu agenda Jokowi di IKN adalah meresmikan Istana Negara.

"Tanggal 11 ini. Kayanya ada beberapa peresmian, termasuk Istana Negara," kata Ari.

Sementara itu, Menteri Investasi Rosan Roeslani menyampaikan Jokowi akan menjajal kembali Bandara Nusantara di IKN melalui pesawat yang lebih besar.

Hal tersebut disampaikan Rosan usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Rabu (9/10). Rosan bersama Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengajak lebih dari 16 pengusaha pertambangan, di antaranya Garibaldi Thohir atau Boy Thohir dan kawan-kawan untuk bertemu Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Panggil Bahlil, Rosan, dan Boy Thohir ke Istana, Ada Proyek Strategis Baru?

Rosan mengatakan inti dari pertemuaj tersebut adalah menyampaikan keinginan para pengusaha pertambangan untuk turut berinvestasi di IKN.

"Jadi kesempatan itu memang ada dan terbuka, tadi sudah ada pembicaraan, di antaranya untuk istilahnya mereka kan kebanyakan kalau perusahaan batubara ini bergerak di Kalimantan, ya pak Boy ya? Jadi dari Kalimantan untuk Kalimantan. Jadi itu temanya," tutur Rosan.

Investasi tersebut, kata Rosan bervariasi. Rencananya para pengusaha pertambangan bakal membentuk konsorsium untuk beberapa ide membangun komunitasnya.

"Jadi ini adalah suatu kerja sama dari para pengusaha tambang untuk membangun IKN bersama-sama. Jadi itu yang dibicarakan dan juga diberitahu juga, di antaranya bahwa bandara di IKN insyaallah akan siap uji coba juga besok," kata Rosan.

Uji coba kembali itu bakal dilakukan Jokowi pada kunker ke IKN, Jumat besok.

"Bapak presiden akan melalui bandara IKN. Sebelumnya memang sudah melalui bandara IKN tapi sekarang akan coba dengan kapal berbadan besar, harapannya tadi disampaikan pada bulan Desember atau Januari sudah bisa dibuka untuk umum bandara dari IKN ini," kata Rosan.

"Jadi masalah konektivitas akan menjadi lebih efisien. Kalau dulu kita harus ke Balikpapan dan kemudian 2 jam dari Balikpapan ke IKN, sekarang kalau bisa mendarat dari IKN Airport kemudian ke IKN sendiri kurang lebih waktunya hanya 20 menit," sambungnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #jelang #lengser #jokowi #kunker #hari #resmikan #istana #negara #hingga #jajal #kembali #bandara

KOMENTAR