Airnya Tak Jalan, Pramono Sebut Wacana River Way Ridwan Kamil di Jakarta Tak Mungkin
Ridwan Kamil saat hendak menyusuri Kali Ciliwung, Kamis (3/10/2024). (Suara.com/Fakhri)
16:16
9 Oktober 2024

Airnya Tak Jalan, Pramono Sebut Wacana River Way Ridwan Kamil di Jakarta Tak Mungkin

Calon gubernur Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung menilai gagasan Ridwan Kamil soal transportasi sungai alias river way di wilayah Jakarta tidak memungkinkan.

“Saya melihat airnya saja gak bisa jalan, gimana mau river way,” kata Pramono usai melihat kondisi kali anak Krukut di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024).

Pramono mengatakan, permasalahan utama yang harus dibenahi yakni melakukan pengerukan lumpur yang berada di dasar kali agar aliran air dapat mengalir secara normal.

“Jadi yang paling utama adalah kondisi saluran air yang paling utama sebenarnya di sini yang tidak berjalan denganbaik bahkan bisa disebut airnya tidak mengalir karena sudah terlalu lama tidak dikeruk,” jelas Pramono.

Baca Juga: Debat Perdana Pilkada Dikritik LBH Jakarta, Pramono Anung: Semakin Dikritik Semakin Bagus

Selain pengerukan kata Pramono, ada faktor lain yang menutup kemungkinan Jakarta memiliki transportasi air. Seperti banyaknya bangunan dibantaran kali.

“Kan airnya gak bisa jalan, sehingga demikian untuk dikeruk pun pasti airnya pasti ada problemnya, dan kondisinya di beberapa daerah ternyata sudah ada didirikan misalnya gedung-gedung yang gak bisa lah, udah gak bisa di sini,” pungkas Pramono.

Sebelumnya Cagub Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil mengaku bakal membuat river way dalam mengatasi macet di wilayah Jakarta. Hal itu disampaikan oleh RK saat debat cagub perdana pada Minggu (6/10/2024) lalu.

RK kemudian mengatakan bakal membuat river way di 13 sungai yang terdapat di Jakarta.

Baca Juga: Demi Bisa Menang Pilkada, Pramono Siap Pol-polan Blusukan di Jakarta: Tak Hanya di Udara tapi di Darat

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #airnya #jalan #pramono #sebut #wacana #river #ridwan #kamil #jakarta #mungkin

KOMENTAR