Dasco Berkelakar saat Rapat Audiensi soal Motor Listrik di DPR, Sebut Maman Golkar Bakal Jadi Menteri UMKM Era Prabowo
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad beberkan alasan menelepon Presiden terpilih Prabowo Subianto di tengah acara audiensi dengan Solidaritas Hakim Indonesia di Parlemen. (Suara.com/Bagaskara)
13:44
9 Oktober 2024

Dasco Berkelakar saat Rapat Audiensi soal Motor Listrik di DPR, Sebut Maman Golkar Bakal Jadi Menteri UMKM Era Prabowo

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berkelakar dengan menyebut Anggota DPR fraksi Golkar Maman Abdurrahman sebagai calon Menteri UMKM. Hal itu disampaikan Dasco dalam audiensi membahas motor listrik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Awalnya Maman bicara mengenai subsidi motor listrik diubah menjadi insentif. Supaya motor listrik mudah masuk dan menggantikan sepeda motor berbahan bakar fosil. Sebab, kata dia, penggunaan istilah subsidi akan memperketat penggunaannya, seperti dikhususkan untuk orang yang tidak mampu.

"Jadi sekedar saran saja, karena pada saat ini masuk kepada diksi subsidi akhirnya semua akan ditreatment seperti subsidi-subsidi energi sebagai contoh syarat-syarat yang berhak mendapat subsidi itu pasti masuk dalam kategori orang tidak mampu dan sebagainya," kata Maman dalam rapat audiensi.

"Makanya waktu itu dalam beberapa berdebatan diskusi kita kita menyarankan untuk intensif kenapa jadi intensif? Adalah untuk merubah behavior masyarakat yang awalnya mengkonsumsi motor berfosil fuel jadi motor listrik," sambungnya.

Baca Juga: Catat! DPR Bakal Umumkan Jumlah Komisi dan Badan Baru pada 14 Oktober Mendatang

Sampai akhirnya Maman berbicara agar UMKM juga dilibatkan ke depannya.

"Catatan terkahir, kalau itu sudah berjalan mohon untuk supaya part-nya dukungan itu melibatkan UMKM," ujarnya.

Dasco yang mendengar hal itu lantas berkelakar menyebut politikus Golkar itu sebagai calon menteri UMKM.

"Calon menteri UMKM sudah nyambung," kelakar Dasco.

Usai rapat audiensi, Dasco mengaku bahwa kelakarnya tersebut merupakan doa bagi Maman untuk bisa mengurus UMKM yang berkaitan dengan motor listrik.

Baca Juga: Dito Ariotedjo Kedapatan Temui Dasco di DPR, Mau Ngelamar Jadi Menpora Lagi?

Kendati begitu, Dasco belum mau membenarkan jika Maman akan menjadi menteri UMKM di era pemerintahan Prabowo mendatang.

"Ya tadi saya doakan kepada Pak Maman supaya itu bisa mengurus UMKM dengan baik yang berkaitan dengan motor listrik terutama begitu," ujarnya.

"Itu nanti kita lihat dua minggu lagi," imbuhnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #dasco #berkelakar #saat #rapat #audiensi #soal #motor #listrik #sebut #maman #golkar #bakal #jadi #menteri #umkm #prabowo

KOMENTAR